Wujudkan Nawacita Jokowi, Talaud Jadi KPPN

Talaud, Nyiurtimes.com – Optimisme Pemerintahan Joko Widodo untuk bangun Indonesia dari pinggiran lewat program Nawacita, kini mulai dirasakan oleh masyarakat perbatasan seperti Kabupaten Talaud yang dimulai dengan dibangunnya Bandar Udara Miangas, Kapal Tol Laut hingga kini melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia (RI) Kabupaten Talaud resmi dijadikan sebagai salah satu Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN).

“Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Talaud merupakan salah satu dari sepuluh daerah yang akan dikembangkan melalui program KPPN serta ini adalah instruksi langsung dari Presiden RI untuk membangun pariwisata berbasis kearifan lokal yang difokuskan pada daerah terluar di Indonesia,” ujar Kepala Bidang Destinasi Menpar Ruddy Siahaan saat FGD.

Karena itu, lanjutnya, Focus Group Discussion (FGD) ini dilaksanakan dengan melibatkan semua lintas sektor jajaran pemeritahan guna menampung masukan dari pemerintah daerah, masyarakat bahkan semua stakeholder di Talaud dalam rangka Penyusunan Rencana Induk dan Rencana Detail (PRIRD) Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) di Kabupaten Talaud.

Sementara itu, Tenaga Ahli Konsultant Perencanaan KPPN Saskia Tjokro menambahkan bilamana program KPPN ini merupakan titik awal untuk mengangkat potensi wisata di Talaud yang nantinya akan di bangun oleh Pemerintah Pusat melalui Kemenpar RI yang mana untuk konsep pengembangannya berdasarkan kearifan lokal masyarakat Talaud.

“Konsep pengembangannya pasti sesuai Budaya Talaud karena target utamanya adalah menjadikan Masyarakat Talaud sebagai Pelaku Wisata iti sendiri,” tambah Wanita yang akrab disapa Mba Saskia.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Talaud melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Erwin Tamatompo mengapresiasi program KPPN tersebut karena memang Talaud memiliki banyak Destinasi Wisata yang memang masih natural dan hingga kini belum juga dikembangkan padahal sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Selaku Pemda sangat mendukung program KPPN karena manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh maayarakat Talaud dan berharap semua masyarakatpun turut mendukung program ini guna terwujudnya Masyarakat Talaud yang Maju dan Sejahtera,” tandas Tamatombo yang juga sebagai ketua Komunitas Fotografer Talaud (KFT) tersebut.

Diketahui, Pelaksanaan FGD tersebut bertempat di Aula Restoran Cendrawasih Melonguane pada (29/11) kemarin dan dihadiri oleh Perwakilan Menpar, Tenaga Ahli Perencanaan KPPN bersama Tim, Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, Asisten III Sekdakab Talaud, Jajaran Dinas/Badan Pemkab Talaud serta tokoh masyarakat ibukota Melonguane. (Andi Pusut)