Verifikasi Faktual Biasa Saja Tuh!

Amurang,Nyiurtimes.com–Ketegangan pengurus partai politik di kabupaten Minahasa Selatan, pelan-pelan bekurang. Berganti senang. Mereka wajar bahagia, sebab tahapan verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah selesai. Walau ada beberapa partai yang pada gilirannya dinyatakan belum memenuhi syarat. Tapi, praktis optimis setelah melakukan perbaikan pasti berbuah manis. Pantauan redaksi ini, dari sejumlah parpol yang tengah menghadapi verfak KPU hampir tidak ada fase krusial. Semua berjalan lancar. Tak seperti yang dikawatirkan di benak banyak kalangan.

“Awalnya memang agak tegang sih, tapi setelah mengikuti tahapan ternyata biasa saja tuh,” ungkap beberapa pengurus parpol yang enggan menyebutkan namanya. Apalagi menurut mereka 12 parpol lama yang baru dilakukan verfak belakangan ini merupakan parpol yang sudah eksis baik di eksekutif maupun legislatif.

“Artinya dari sisi keanggotaan dan sumberdaya pendukung lainnya sudah ada. Tinggal dilakukan pencekkan saja,” sambung mereka.

Sementara itu, dari enam parpol yang dilakukan verfak kemarin, yang berhasil diliput yakni partai Demokrat dan Golkar dua-dua dinyatakan sudah memenuhi syarat. Itu ditegaskan langsung Ketua KPU Fanley Pangemanan.

“Adapun, syarat itu terdiri dari tiga komponen yaitu kepengurusan inti, domisili kantor, serta keterwakilan perempuan,” ungkap Pangemanan mengutip Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. (*)