Tuange : Program Daerah Harus Sinkron Dengan Provinsi dan Pusat

TALAUD– Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange menyampaikan untuk perencanaan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Talaud harus sinkron dengan program pembangunan pemerintah provinsi dan Pusat. ” Program perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan di Talaud harus sinkron dengan perencanaan pembangunan dari Pemerintah Provinsi dan Pusat,” ujarnya, usai membuka kegiatan Orientasi Penyusunan

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024, di Aula Bapelitbang, Senin (21/5) kemarin.

Orientasi RPJMD yang dilakukan merupakan pelaksanaan amanat Undang-undang sehingga menjadi kewajiban bersama. RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJM provinsi dan memperhatikan RPJM nasional. Memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum program perangkat daerah dan program kewilayahan sertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi pendanaan yang bersifat indikatif. ” apa yang direncanakan saat ini adalah muatan-muatan yang akan dipakai membangun Talaud lima tahun mendatang yakni 2019-2024. Karena itu kita sangat berharap agar dalam penyusunan fokus pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya prioritas untuk membangun dan menggerakkan kabupaten. Perhatikan sinkronisasi antara perencanaan pembangunan nasional maupun provinsi. Setiap RPJMD baik provinsi maupun kabupaten mampu mengakomodasi program-program yang digariskan secara nasional,” kata Tuange.

Tuange mengungkapkan, saat mengikuti Musrenbangnas, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa semua perencanaan dari setiap kementerian dan lembaga harus sinkron. Sebab kata Presiden masih ditemui ada sebuah program pembangunan dermaga disuatu daerah telah dilakukan namun jalan menuju dermaga tersebut tidak dibangun. “Ada pula perbaikan pembangunan irigasi tetapi jutru waduknya tidak diperbaiki. Tidak sinkron. Karrna itu kita berharap dalam meramu RPJMD Kabupaten Talaud lima tahun kedepan supaya sinkroninasi skala prioritas pembangunan nasional dan provinsi terjabarkan di kabupaten kota,” ungkapnya.

Sekkab Talaud Adolf Binilang, Asisten I, II dan III Setkab Talaud, Kepala Bapelitbang Yohanis Kamagi dan para pejabat esselon II lainnya serta anggota DPRD Talaud turut menghadiri kegiatan ini. (tika)