Tuange buka Rakor Tokoh Agama se Talaud

Talaud– Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Tokoh-Tokoh Agama se- Kabupaten Kepulauan Talaud Triwulan I 2018, di Pendopo Bupati Kepulauan Talaud, Selasa (24/04) kemarin.

Suasana rakor tokoh agama yang dibuka langsung plt Bupati Talaud                                                                                Dalam laporan kegiatan yang dibacakan Kabag Kesra dan Pemberdayaan Masyarakat C H Mandagi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara tokoh agama dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat Talaud yang maju, aman, damai dan sejahtera .”Seluruh Tokoh Agama di Talaud ada sekira 425 orang. Hadir saat ini (kemarin red) hampir 400 rohaniawan dan tokoh agama. Adapun tema kali ini yakni membangun sinergitas pemerintah dan tokoh agama dalam mensukseskan Pilkada Talaud yang aman dan damai,” ujar Mandagi.

 

Plt Bupati Petrus Simon Tuange sebelum membuka kegiatan menuturkan bahwa tokoh agama adalah pilar sangat penting dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah. Kehadirannya memberi asas manfaat bagi pembangunan daerah. “Tahun ini, Talaud masuk salah satu dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada. Khusus di Sulawesi Utara, Talaud menempati peringkat satu daerah rawan dalam pelaksanaan Pilkada. Sementara se-Indonesia menempati rangking 14 masalah kerawanan. Namun demikian, isu kerawanan tersebut semakin berkurang disebabkan adanya peran tokoh agama, masyarakat dan tokoh adat, yang merupakan tiga pilar penyangga. Begitu besar peran tokoh agama dalam menjaga stabilitas keamanan. Para tokoh agama mampu mengarahkan umat,” ucap Tuange

Ia menghimbau agar masyarakat dapat mengembangkan rasa kepedulian dan kepekaan antar umat beragama serta bertangungjawab menjaga kemajemukan sebagai jaminan jangka panjang yang dapat di implementasikan melalui pola pikir yang bijaksana. “Sehingga pelaksanaan pilkada di Talaud berjalan aman dan damai” jelas Tuange.

Ia pun mengapresiasi kehadiran ketua Presidium BKSAUA Sulut KH Drs Abdul Wahab Abdul Gafur bersama tim di Tanah. “Kehadirannya sebagai konsistensi dan komitmen bersama mencapai tujuan dan sasaran untuk membangun sinergitas melalui kerukunan beragama di Kepulauan Talaud,” tandasnya.

Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Agustinus Purba, perwakilan dari unsur forkopimda lainnya, Ketua Umum Sinode Germita Pdt Arnold Apolos Abbas, para rohaniawan gereja Protestan, Katolik, KGPM, Advent, Islam dan penghayat terhadap Tuhan YME hadir dalam rakor tersebut. (tika)