Tim Saber Pungli Dilantik, Masyarakat Diminta Aktif Melapor

Talaud,Nyiurtimes.com— Tim Sapu Bersih Punggutan Liar Kabupaten Kepulauan Talaud dilantik Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange. Acara pelantikkan berlangsung di Aula Sekretariat Kabupaten, Sabtu (10/2) lalu.

Dalam sambutannya, Tuange meminta agar seluruh lapisan masyarakat secara aktif melaporkan aktivitas pungli yang mereka temukan di lingkungan sekitar. Laporan tersebut akan diterima dan diproses oleh tim satgas Saber Pungli yang telah dilantik.
” Masyarakat diharapkan memberikan bantuan dan dukungan dengan secara aktif melaporkan, apabila di tempat masing-masing telah didapatkan hal-hal yang masuk kategori pungli. Partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan satgas. Tim Saber Pungli juga kiranya aktif lakukan pencegahan. Maksimalkan pencegahan,” ujarnya.

Tuange juga menyampaikan, tim saber pungli bersifat lintas lembaga dan unit. Mereka adalah tim yang berasal kepolisian, Inspektorat, kejaksaan, TNI, BIN yang bersama-sama mengisi susunan organisasi Tim Saber Pungli. ” Harapan saya kepada tim saber pungli lebih besar porsi dan upaya mengutamakan pencegahan dari pada penindakan. Lebih baik mengupayakan semangat dengan mensosialisasikan aturan-aturan yang harus dipengang dan dijadikan pijakan bagi seluruh penyelenggara pemerintahan. Untuk dana operasional jika belum ada, nantinya akan ditata dalam APBD perubahan untuk kelancaran kegiatan,” tambah Tuange.

Wakapolres Kepulauan Talaud Kompol Maria Buida menjadi ketua pelaksana tim saber pungli. Ia mengatakan, pihaknya telah membuka posko pelaporan di kantor Inspektorat, Polres dan jajaran Polsek di Kepulauan Talaud. ” jika ada yang didapati masuk kategori pungli, silahkan masyarakat melapor ke Polsek terdekat. Nantinya akan kami tindaklanjuti. Operasi Tangkap Tangan juga akan berlaku. Ini untuk meminimalisir terjadinya pungli kepada masyarakat,” tandasnya. (Tika)