TERTIBKAN!! Polres Blokir Galian C Ilegal

NYIURTIMES. COM—Tambang galian C ilegal di wilayah Amurang Kabupaten Minahasa Selatan kian menjamur.

Kondisi semacam itu ikut mengusik aparat Polres setempat. Tak tanggung-tanggung, setelah mendapat aduan masyarakat, Rabu (19/9) kemarin dua galian C yang selama ini diduga tak mengantungi ijin langsung ditutup.

Alat penyedot yang digunakan penambang galian C

Aksi penutupan tambang ilegal itu dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Ari Prakoso. Dengan memasang police line (garis polisi) di areal tambang yang berada di pinggir kali Ranoyapo dan perkebuan Desa Kilometer tiga.

Prakoso menegaskan Polres MInsel dibawa pimpinan Kapolres AKBP FX Winardi Prabowo menindak tegas semua penambangan yang tidak resmi. Ilegal dan tidak memiliki ijin. Olehnya kata Dia pemblokiran area tambang itu, semata untuk mengingatkan pemilik tambang agar tidak beroperasi karena belum mengantongi izin. Apalagi menurut aduan warganya lokasi tersebut sudah hampir longsor. Akibat penambangan itu. Sehingga dari aspek lingkungan dampaknya sangat berbahaya.

“Apalagi operasinya menggunakan mesin penyedot. Bisa fatal akibatnya, ” tandas Prakoso.

Diketahui dua tambang tersebut beroperasi relatif baru. Kendati tidak mengantongi izin, kendaraan berat terus mengeruk pasir. Lalu-lalang kendaraan pengangkut juga dikeluhkan masyarakat karena menimbulkan debu. Selain untuk memenuhi kebutuhan material lokal. Anehnya, meski tak berizin, aktivitas galian C tersebut aman-aman saja. (douglas)