Telekomunikasi di Talaud Kian Membaik

- Iklan -
Iklan Bank Sulutgo 1

Peliput : Sartika Topah

Talaud, nyiurtimes.com–Perhatian Pemprov Sulut sangat besar untuk Kabupaten Kepulauan Talaud. Banyak Program Nasional dari Presiden Joko Widodo yang diprioritaskan. Termasuk percepatan pembangunan jaringan Telekomunikasi di Wilayah Perbatasan ini.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melalui Kadis Kominfo Sulut DR. Jetty Pulu, M.Si bersama unsur Forkopimda, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang, SIK, Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, SE, Ketua DPRD Talaud Max F. M. Lua meninjau sekaligus menyaksikan secara langsung penyambungan Kabel Optik dari Tahuna ke Beach Man Hole (BMH) Melonguane, bertempat di Terminal Station (TS) Desa Mala Kecamatan Melonguane beberapa waktu lalu.

“Walaupun listrik padam, tidak akan berpengaruh, karena Terminal Station menggunakan Genset sendiri. Selain itu ada juga Baterai, Perangkat DWDM (Dense Wavelenght Division Multiplex), dan Sinar Laser yang menggunakan kecepatan cahaya untuk mengirimkan sigPulu”ujar Pulu saat berkesempatan melihat beberapa alat/perangkat yang ada didalam Terminal Station (TS).

Menurutnya, Apabila hanya menggunakan Microvawe melalui tower tidak begitu kuat, tetapi kalau melalui Kabel Serat Optic jauh lebih cepat dibanding lewat udara.

“Serat Optic yang kabelnya ditanam dibawah laut memiliki kecepatan 100 Giga lebih cepat dibanding Microvawe yang melalui tower atau satelit udara. Kelebihan dari Serat Optic ketika koneksinya sudah terpasang semua, maka seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud serentak menggunakan Telepon tidak akan ada gangguan lagi,”jelas Pulu yang juga merupakan anak asli Porodisa ini.

Lanjutnya, Masyarakat Talaud harus bersyukur karena tahapan pemasangan Tulang Punggung Serat Optik sudah dimulai. Oleh sebab itu, Masyarakat diminta untuk bersyukur dan bersabar menanti proses pemasangan ini sampai dengan tahap berikutnya.

“Tahap pertama fokus pada penggelaran Kabel Jaringan dan merata keseluruh Indonesia. Yang kemudian tahap dua akan fokus pada Interkoneksi ke daerah-daerah yang Blankspot (belum ada Jaringan Telekomunikasi) maupun daerah yang jaringannya kurang bagus,”tuturnya

Untuk Talaud, kata Pulu, pemasangan Kabel Optik akan merata. Dikarenakan jangkauan satu titik pita bisa mencapai hingga 27.000 Kilometer. Sedangkan Kepulauan Talaud hanya 25.000 Kilometer luasnya. Jangkauannya bisa lewat sampai Miangas.

“Untuk pengerjaan penggalian darat sudah hampir selesai, kemudian untuk laut masih sementara dikerjakan sampai dengan Juli nanti (khusus Talaud), dikarenakan sekarang Kapal sudah bergeser ke Morotai. Masuk kewilayah Paket Tengah sampai merata di Seluruh Indonesia,” katanya. (tika)

Iklan
Iklan Bank Sulutgo 2