Tak Proaktif Banyak PD Belum Laporkan Realisasi Anggaran dan Fisik

Amurang, nyiurtimes.com—Masih banyak perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten Minahasa Selatan, hingga kini belum memasukkan laporan fisik dan anggaran triwulan awal tahun 2018 ini. Fakta tersebut menyeruak dalam evaluasi penggunaan anggaran (EPRA) yang di gelar, di lantai IV kantor Bupati Selasa kemarin.
Sekretaris Daerah Danny Rindengan saat membuka acara tersebut nampak agak geram mengetahui hampir separuh yang belum memasukkan laporan.
“Seharusnya ini jadi prioritas. Supaya kita bisa membedah kendalanya apa. Ini bagaimana mau diukur. Sementara laporan saja tidak ada, ” geram Rindengan.
Itu sebab ia mengingatkan kedepan jangan lagi terulang hal semacam ini.
“Sikap kurang profesional sebisa mungkin dikurangi. Jangan begitu-begitu saja, ” harap Sekda.
Sementara itu, kepala bagian pembangunan Yulia Rompas membeber dalam epra kemarin terungkap ada beberapa kendala teknis tersendaknya realisasi anggaran di triwulan awal ini.
“Proses tender yang belum berjalan. Sehingga banyak proyek yang belum dikerjakan itu sangat berpengaruh,” terang Rompas.
Mengenai DAK ia mengatakan ada mekanisme khusus mengenai anggaran DAK. Dimana anggaran awal 30 persen itu baru bisa dicairkan apabila proses tender sudah selesai. (viktor)