Syerly Sompotan dan Dandrem 131/Santiago Imbau Warga Waspadai Aktifitas Gunung Lokon

Tomohon, Nyiurtimes.com – Pemerintah kota Tomohon melalui Wakil Walikota Syerly Sompotan didampingi Sekretaris Kota Harold Lolowang dan Danrem 131/Santiago Brigjen Robert Giri memantau langsung aktifitas gunung Lokon dengan mendatangi pos gunung api lokon dan lokasi permukiman sekitar kawah Tompaluan.

Naiknya intensitas gempa Gunung Lokon akhir-akhir ini menarik perhatian serius Pemerintah Kota Tomohon dan Korem 131/Santiago. 

‘’Masyarakat Tomohon terutama di sekitar kawah harus waspadai aktifitas yang akhir-akhir ini meningkat. Jangan lengah dan terus berkoordinasi,’’ ujar Syerly.

Danrem 131/Santiago pun meminta agar pihak terkait terus berkoordinasi.

‘’Kalau membuat lokasi pengungsian, hendaklah tidak terlalu banyak agar tidak repot. Ini pengalaman saya saat menangani erupsi Gunung Sinabung di Sumatra Utara. Jadinya repot jika terlalu banyak. Yang penting penanganannya serius dan tepat sasaran,’’ kata Danrem.

Sementara Kepala Pusat Vuklanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina mengungkapkan, aktifitas Gunung Lokon mulai baik sejak 13 Januari 2018 lalu sejak terakhir tahun 2015 lalu. Hanya saja hingga saat ini tak ada letusan. Kendati begitu, Farid meminta agar tetap waspada dan tidak ada pendakian di Gunung Lokon selama akrtifitasnya meningkat seperti saat ini.

Usai meninjau Pos Gunung Api Wakil walikota, Danrem serta rombongan meninjau permukiman yang berdekatan dengan Kawah Tompaluan di Kelurahan Kinilow.

Turut ikut dalam rombongan, Perwira Penghubung Kodim 1302 di Tomohon Mayor Inf Feky Welang dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Robby Kalangi. (**)