Sumungkul Wangko Ne Makatana Minahasa Gelar Dialog Budaya

Pineleng, Nyiurtimes.com – Organisasi Masyarakat Adat Makatana Minahasa sukses menggelar Pertemuan Raya kemarin 16/02 di Aula Irene, Pineleng Kabupaten Minahasa. Dalam kegiatan itu di awali oleh Pembacaan Doa bagi penghayat kepercayaan di Minahasa dan di Lanjutkan oleh Workshop/ Dialog Budaya yang bertema “Generasi Muda Minahasa sebagai Pemimpin” yang langsung di bawakan oleh tiga panelis, Freddy Wowor, SS, Tonaas Rinto Taroreh dan Rikson Karundeng, M. Teol.

“Semangat Pemimpin yang baik itu berakar dari dalam diri masing-masing yang berwujud Ngaasan (kebijaksanaan), atau pemikiran yang baik, Niatean (ketulusan) hati yang ikhlas dan Keter (Kewibawaan) pribadi yang kuat”. Tutur Rikson Karundeng salah satu nara sumber yang kesehariannya adalah pemred salah satu media masa terkenal di Sulawesi Utara.
Hal lain juga diangkat tentang tantangan kepemimpinan masa kini.
“Pemimpin yang berasal dari Generasi Muda Zaman Now adalah generasi muda yang cukup potensial karena adanya wujud Pengetahuan yang murah, bisa di dapat dimana saja dan meng- digital, tinggal cara kita bagaimana mengaplikasikannya. Salah pergunakan pasti akan salah langkah”. Jelas Freddy Wowor yang berprofesi sebagai Dosen dan Penulis Puisi ini.

Sesuai dengan fungsi dan tujuannya juga ada penjelasan kongkrit tentang Minahasa hari ini.
“Pada suatu masa di seantero nusantara ini budaya tradisi org minahasa yg paling cepat terkikis, tapi hari ini kita yakin sebagai orang minahasa yang berbudaya dan pemegang tradisi leluhur yang paling cepat bangkit di seantero dunia ini”. Kata Tonaas Rinto Taroreh.
Menurut Taroreh, tidak ada tradisi ‘baku cungkel’ dalam budaya Minahasa, yang ada oknum /pribadi sendiri yang irihati, dan menjatuhkan dengan tidak sepantasnya. Ada padamu, tidak ada padaku dan juga sebaiknya, Yang tau harus di Tuakan karena Pengetahuannya, dan yang di tuakan marus mampu menjadi Tauladan Hidup untuk yang lain sesuai ‘lalan rondor’ jalan lurus atas petunjuk Tuhan Sang Pencipta. Tutup Taroreh. (CdR)