Sulut Calon Kuat ‘Makawale’ Jamnas BPAN

Kaltim, Nyiurtimes.com – Semarak kegiatan Jambore nasional barisan pemuda adst nusantara yang di selenggarakan di kampung muser, kecamatan muara samu, kabupaten paser. kalimantan timur 17 April sampai dengan 21 april 2018 masih terus bergulir dan sudah memasuki kegiatan sidang. Setalah dua hari sebelum di adakan pra jamnas yang di isi dengan kegiatan festival budaya Nusantara, penanaman pohon serta beberapa sarasehan.

Di jumpai oleh awak media ketua pengurus wilayah BPAN sulut menjelaskan bahwa peserta pemuda adat dari sulut adalah peserta yang paling terbanyak yang dari seluruh perwakilan pengurus wilayah di indonesia dengan kekuatan 25 personil.

“Tujuan kami membawa perwakilan ini adalah sebagai kekuatan untuk mendorong pemuda adat di sulut lebih kompetitif mengurus wilayah adat dan juga dalam kapasitas kesiapan kami menjadi ‘makawale’ (tuan dan nyonya rumah di jambore nasional BPAN IV,” Terang Sumeleh di sela – sela kegiatan sidang.

Di tambahkannya bahwa semua ini berasal dari Semangat kami memperjuangkan dan mengangkat nilai nilai luhur yang mulai pudar dalam terjangan zaman dan sistem pemerintahan juga kami di dasar pengalaman membantu sekaligus menjadi Panitia di rakernas Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ke IV yang di adakan di koha, minahasa maret silam lalu tentunya dengan menghormati mekanisme serta teknis dari keputusan sidang disini. Tegas Pegiat budaya Minahasa yang tergabung dalam kominitas mawale movement itu mantap.

Dihubungi terpisah, ketua pengurus harian aliansi masyarakat adat nusantara AMAN sulut Lefrando Andre Gosal mengapresiasi usulan tersebut.

“Dukungan penuh akan datang dari AMAN sulut untuk PW BPAN Sulut siap menjadi tuan rumah apabila jamnas III di paser sudah di tetapkan,” tegas Gosal
Hal senada juga di sampaikan oleh Ketua panitia jamnas III Paser Jacob Siringoringo terkait dengan kesiapan sulut sebagai tuan rumah.

“Sulut sudah adalah salah satu partner terbaik dalam setiap kegiatan – kegiatan BPAN,” terang Siringoringo yang juga adalah staff pengurus nasional BPAN bidang pengorganisasian. Di jelaskan juga kalau secara pribadi dirinya sangat mendukung teman – teman di sulut menjadi tuan rumah karena sudah sarat pengalaman dalam menangani perhelatan nasional.  (candra)