Suksesnya Perayaan Goan Siau 2571 di Kota Bitung

Nyiurtimes.com, BITUNG – Perayaan Goan Siau atau Cap Gome 2571 yang dilaksanakan Klenteng Seng Bo Kiong Bitung berlangsung dengan aman, tertib dan sangat meriah. Sabtu (08/02/2020)

Warga begitu antusias menyambut setiap susunan acara yang ada. Termasuk menunggu kehaditan Tangsin yang merupakan perwujudan Sinbeng atau roh suci yang turun dari langit ke bumi, setelah melalui ritual Po Pwe.

Dalam kesempatan tersebut 4 Tangsin yang turun sebagai utusan dewa langit, Febry Nangoy dan Christian Tilaar, serta dua Tangsin Tamu Adri Pandi dan Raymond Sumampouw yang menaiki kereta hias usungan Kio.

Perayaan Goan Siau 2571 ini sendiri menarik perhatian ribuan warga Kota Bitung. Dimana rangkaian kegiatan ini sendiri diawali dengan sambutan Wali Kota Bitung Max J Lomban.

“Acara ini merupakan wujud kepercayaan umat beragama yang patut dihormati dan dilestarikan, sebagai pemerintah dan masyarakat Kota Bitung, mari kita sukseskan acara Goan Siau 2571 kali ini, agar terwujud sikap toleransi dan saling menghargai, saya berikan apresiasi khusus untuk pengurus Klenteng Seng Bo Kiong, yang telah mengemas acara ini sehingga berjalan dengan baik,” ujar Lomban,

Disisi lain Lomban juga mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk TNI dan POLRI yaang melakukan pengemanan selama kegiatan ini berlangsung

Berbagai kegiatan yang dikemas pihak Klenteng Seng Bo Kiong seperti atraksi Barongsai, musik bambu, kereta hias Pemkot Bitung, Kabasaran dan Kereta Hias para dewa dan dewi serta kereta Hias Tikus Logam.

Sementara itu, rombongan prosesi Goan Siau 2571 ini, mengambil lokasi star depan Klenteng Seng Bo Kiong menuju arah timur, turun Kantor Pemkot Kota Bitung.

Kehadiran rombongan disambut langsung oleh Wali Kota Bitung Max J Lomban, didampingi Ketua TP-PKK Khouni Lomban-Rawung, Sekkot Audy Pangemanan, Dandim 1310 Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Kapolres AKBP FX Winardi, Danyomarhanlan VIII Letkol Mar Nandang Permana Jaya, serta jajaran Pejabat Pemkot Bitung. (REFLY)