Spektakuler! Opening Ceremony Porkab Minsel Sukses di Gelar

Amurang,Nyiurtimes.com — Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE secara resmi membuka Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) I Minsel 2018. Yang digelar di lapangan kantor Bupati Minsel Selasa (23/10) siang.

Opening ceremony itu berlangsung spektakuler. Warga Minsel berbangga. Apalagi menyaksikan berbagai penampilan menarik. Semaraknya agenda olahraga bergengsi itu semakin terasa dengan unjuk kebolehan free style motor. Dimeriahkan 177 personil marching band IPDN Tampusu, dan atraksi polisi cilik dari SDN II Amurang.

Pembukaan Porkab Minsel I ini diawali dengan defile para atlet dari 17 kontingan atau kecamatan se-Kabupaten Minahasa Selatan. Kemudian penyerahan obor, dan dilanjukan janji atlet serta wasit.

Bupati dalam sambutannya memberi apresiasi inisiatif KONI boleh menggelar hajatan akbar tersebut. Dia menyebut walau agenda perdana tapi dari segi kesiapan sangat luar biasa.
“Semoga melalui agenda PORKAB ini akan banyak melahirkan atlit-atlit terbaik. Untuk bisa berkompetisi pada ajang Porprov, PON bahkan sekelas Asian games nanti. Termasuk olimpiade dunia,” harap Bupati.
Sebagai pemerintah daerah sangat mendukung penuh agenda-agenda olahraga. Apalagi kata dia, PORKAB sebagai wadah kreasi pemersatu bangsa.
“Kedepan kita juga akan menyediakan sarana olahraga yang memadai. Kita akan bangun stadion yang terbaik,” janji Bupati.

Ketua KONI Minsel James Arthur Kojongian selaku ketua penyelenggara mengatakan kegiatan PORKAB Minsel perdana  akan berlangsung di beberapa venue yang pertandingannya sudah dimulai sejak, Senin (22/10) kemarin hingga 27  Oktober mendatang.

Menurut JAK begitu calon anggota Deprov Sulut itu disapa,  Porkab Minsel diikuti sebanyak 1.137 atlet dari 153 official, 17  kontingen kecataman, 14 cabang olahraga (cabor) yang diperbandingkan.
Suami ketua PMI Minsel Michaela Paruntu itu mengatakan, venue bukan hanya di wilayah Amurang saja. Tapi juga ada di wilayah kecamatan Tumpaan. Tapi yang paling banyak lokasinya berada di Amurang. Semisalnya pencat silat di Waleta Kantor Bupati, sepak bola di 712 Pondang, tinju di tegu bersinar, takraw di kantor hukum tua Tumpaan II dan ada beberapa venue juga.
“Jadi tidak hanya di satu titik saja. Tapi tersebar di beberapa titik,” kata dia.

Kojongian berharap Porkab yang merupakan “event” olahraga ‘berkelas’ di tingkat kabupaten tahunan ini dapat melahirkan atlit andal untuk menuju “multievent” di tingkat PORPROV, PON, SEA Games, Asian Games, dan tingkat internasional lainnya. (Advetorial)