Sosialisasi MABA Unima Tembus Bali

Tondano,Nyiurtimes.com–Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unima melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru sampai ke Bali. Sejulah program unggulan yang jadi andalan. Diantaranya Pendidikan Bahasa Asing, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Seni Rupa dan Sendratasik (seni drama, tari dan musik).

Guna menyasar sasaran secara bagus, sosialisasi pun dilakukan di beberapa sekolah.

Donal Ratu selaku Dekan FBS memberikan apresiasi kepada setiap pimpinan jurusan yang telah melaksanakan kegiatan ini. “Saya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada setiap jurusan yang telah melaksanakan sosialisasi untuk FBS Unima” ucap Ratu. Ditambahkannya bahwa jurusan mempunyai tugas dan kewajiban untuk mensosialisasikan jurusan mereka, karena jika tidak disosialisasi akan berdampak pada kurangnya mahasiswa pada jurusan tersebut.

Sosialisasi Unima sampai di desa Bali, lewat jurusan Seni Rupa FBS Unima telah malaksanakan sosialisasi di Sekolah SMA Swadharma Werdhi Agung. Penduduk setempat merupakan trasmigasi dari pulau Dewata Bali akibat dari letusan gunung Agung Bali tahun 1963.

Desa Bali lainnya yakni Kembang Merta, Mopugat, yang juga adalah transmigarasi bali dan jawa.

Jans Mangare yang merupakan Ketua Jurusan Seni Rupa dan Kerajinan menjelaskan bahawa hampir setiap tahun ada sosialisasi di daerah “bali” di Dumoga Bolaang Mongondow. Bahkan tahun ini sampai ke perbatasan Sulut dan Gorontalo yakni Kabupaten Bolmong Selatan. “Sosialisasi ini setiap tahun dilaksanakan karena kami (jurusan) membutuhkan mahasiswa baru untuk menjalankan proses akademik. Tahun ini kami (seni rupa) berada di kampung trasmigrasi Jawa dan Bali untuk melakukan sosialisasi. Beberapa Tim juga sudah berada di Kota Kotamobagu dan Bolmong Selatan” ungkap Mangare.

Salah seorang mahasiswa yang menjadi Tim Sosialisasi Marcelino Kindangen menjelaskan bahwa respon siswa yang dikunjungi sangat besar untuk Unima tahun ini berharap mereka bisa memilih jurusan yang baik untuk masa depan mereka. “Respon siswa pada sosialisasi kami sangat baik. Saya prediksikan jumlah mahasiswa yang masuk tahun ini di UNIMA akan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Harapan saya para siswa ini bisa dapat memilih jurusan terbaik untuk mereka kedepan” ucap Marcelino.

Kami melaksanakan sosialisi secara Umum kampus Unima, memperkenalkan semua fakultas termasuk Bahasa dan Seni serta jurusan yang ada di kampus ungu karena ada seorang Guru Besar Unima yakni Prof Pakasi yang masuk dalam tim sosialisasi kami yang menjelaskan gambaran umum tentang Unima serta proses masuk perguruan tinggi dan lainnya. Tambah Kindangen. (Tan)