Serap Aspirasi, MJP Laporkan Anggaran Reses ke Konstituen

MINAHASA UTARA, Nyiurtimes.com — Legislator Sulut Melky Jakhin Pangemanan (MJP) menggelar reses di Kecamatan Kauditan, Kamis (05/12) siang tadi.

Kegiatan menyerap aspirasi ini di pusatkan di Desa Kaima dihadiri sekira 200 konstituen dengan melibatkan masyarakat desa-desa tetangga. Treman, Karegesan, Kaasar, Kawiley dan sekitarnya.

Menariknya agenda reses perdana kali ini, anggota Komisi IV Deprov Sulut ini mengawali dengan melaporkan secara terbuka besaran anggaran reses yang dikantongi legislator Sulut.

Tidak hanya begitu, mantan aktivis Unsrat yang dikenal getol memperjuangkan kepentingan Mahasidwa di zamannya itu pun memberi kesempatan kepada konstituennya bisa juga mangakses informasi anggaran reses melalui akun fesbuknya.

“Ini saya sampaikan detail anggaranya biar publik tahu. Dana Reses yang disiapkan bagi setiap Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Rp.43.169.091 (Setelah Dipotong Pajak), dengan Rincian, ATK Rp.1.000.000, Belanja Cetak Rp.500.000, Belanja Penggandaan Rp.500.000, Belanja Sewa Ruang Rapat/Pertemuan Rp. 4.909.091 dan Belanja Makan Minum Kegiatan Rp.36.260.000”, beber MJP.

Dia pun membeber besaran anggaran yang digunakan pada reses yang digelar hari ini.

“Pada Reses pertama saya hari ini, yang dilaksanakan di desa Kaima telah digunakan anggaran ini, Sewa Kursi Rp.1.500 dikali 200 buah jadi Rp.300.000, Sewa Sound System Rp.700.000, Tenda petak 2 buah, satu buah 250.000 jadinya Rp.500.000, Belanja Makan dan Minum, Rp.47.500 per kepala dikali 200 jadi Rp.9.500.000 dan Belanja Cetak Baliho 2×3, Rp.25.000 per meter jadinya Rp.150.000 dan total semuanya untuk hari ini Rp.11.150.000”, Tandasnya.

Mengenai hasil reses sendiri, MJP mengaku banyak mendapat curhatan publik. Berupa seabrek persoalan sosial. Mulai dari aspek kesehatan, infrastruktur dan pendidikan.

“Saya mendapatkan banyak masukan dan aspirasi dari warga. Ada soal transparansi penerima beras raskin, dimana masih ada penerima raskin yang sebenarnya bukan yang berhak menerima. Ada juga dari pak Hukum tua Treman Bernadus Dumanauw terkait pelayanan BPJS di Rumah Sakit dan aspirasi Jalan penghubung Desa Treman- Lansot- Lilang yang sudah dua tahun belum mendapat perhatian dari pemerintah”, Ungkap Pangemanan.

Tidak hanya itu, soal pertanian juga ikut disampaikan. Tentu hal-hal semacam ini akan dijadikan evaluasi dan masukan. Sehingga bisa ditindaklanjuti oleh kami.

“Aspirasi terkait bidang pertanian juga dari Bapak Hermanus Dendeng yang berharap agar bantuan pertanian dapat tepat sasaran dan dapat diberikan secara lengkap mencakup Bibit, pupuk, modal awal pengelolaan, perawatan serta alat. Dan beberapa aspirasi lainnya yang sudah saya laporkan ke akun sosial saya. Semua akan saya perjuangkan, saya berkomitmen membawa aspirasi ini ke gedung DPRD, memperjuangkan dan mengawal semua aspirasi yang masuk demi kepentingan masyarakat luas”, komit politisi PSI ini.

Diketahui menurut jadwalnya MJP akan melaksanakan kegiatan reses di tiga tempat. Pertama, di Desa Kaima, Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara (Kamis, 5 Desember 2019), kedua di Kelurahan Apela Satu, Ranowulu, Kota Bitung (Jumat, 6 Desember 2019) dan Ketiga di Desa Dimembe, Dimembe, Minahasa Utara (Senin, 9 Desember 2019).
“Reses akan saya laksanakan di tiga titik dan semuanya akan saya laporkan aspirasi warga dan dana yang digunakan secara transparan. Kalau ada dana yang tidak terpakai ya akan dikembalikan”, tutupnya. (Mekel)