Semarak Bulan Bahasa 2019 di UNIMA

Nyiurtimes.com, MINAHASA – Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Manado (UNIMA) menggelar Bulan Bahasa tahun 2019. Selasa (22/10/2019)

Penyelenggaraan Bulan Bahasa yang sekaligus juga memperingati hari Sumpah Pemuda ini dilaksanakan di Lapangan Kampus JPBSI FBS. Dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pantia seperti Tarian Kabasaran dari sanggar Toar dan Lumimuut FBS UNIMA, tarian Nusantara oleh sanggar seni JPBSI, tarian Japan, tarian-tarian daerah dan tarian-tarian modern dari mahasiswa FBS UNIMA.

Disamping itu pula ada Lomba pidato Bahasa Indonesia, Lomba Baca Puisi, Menulis Essai membuat Momentum Bulan Bahasa 2019 semakin meriah.

Bulan Bahasa adalah kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh JPBSI FBS UNIMA. Tahun 2019 Bulan Bahasa mengusung tema “Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Warisan Luhur Jatidiri Bangsa”

Salah satu penampilan dari group tarian

Bulan Bahasa tahun 2019 diatur bersama pimpinan JPBSI Dra. Wimsje Palar, M.Hum selaku ketua jurusan, Dr. Jemmy Polii, M.Pd. selaku sekretaris jurusan dan oleh panitia Drs. Thomas Senduk, M.Pd. selaku ketua dan Drs. Joni Loho, M.Pd. selaku sekretaris dan seluruh dosen dan mahasiswa JPBSI FBS UNIMA.

Dalam kesempatan tersebut melalui Laporan ketua panitia menekankan pada pentingnya Bahasa Indonesia dan pelestarian Bahasa Daerah dan Budaya serta menjelaskan rencana acara dan lomba Bulan Bahasa 2019.

“Panitia merasa tertantang dengan Bulan Bahasa 2019 karena Bahasa Indonesia adalah Bahasa Negara dan banyak Bahasa Daerah hampir punah sehingga diusung tema Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Warisan Luhur Jatidiri Bangsa,” ujar Mner Thomas

Semenatara itu, Rektor UNIMA Prof. Dr. Julyeta P.A. Runtuwene, M.S. melalui Dekan FBS Dr. Donal Ratu, M.Hum membuka kegiatan Bulan Bahasa 2019 secara resmi.

Suasana saat pembukaan Bulan Bahasa 2019

“Perayaan Bulan Bahasa 2019 kita patut berbangga dengan banyak syukur. Syukur atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang Baru, syukur dalam rangkaian Sumpah Pemuda 28 Oktober 209, dan syukur atas Bulan Bahasa ini sendiri.
Saya sangat mengapresiasi kepada para Guru pendamping yang bersedia membawa para siswa datang kesini,” ujar Donald yang juga merupakan Dekan termuda di UNIMA

Turut hadir dalam pembukaan Bulan Bahasa. Pembantu Dekan III (PD3) FBS UNIMA Drs. Arie Tulus, M.Pd. para ketua jurusan dan Program Studi di lingkungan FBS UNIMA, para Dosen, para Guru Pendamping, siswa SMP, SMA, MA/SMK, dan mahasiswa serta undangan. Menarik dilihat program studi Bahasa Jepang hadir dipimpin oleh Dr. Sherly Lensun, M.Pd. menggunakan kimono bersama para mahasiswa. (*)