Semangat Patriotisme Pantas Diteladani

- Iklan -
Iklan Bank Sulutgo 1

Nyiurtimes.com– Prajurit harus teladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pendiri TNI AL. Hal ini disampaikan Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba. “Upacara peringatan HUT TNI ke-73 tahun ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan . Dalam kurun waktu 73 Tahun, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu kita,” ujarnya, saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dalam upacara peringatan HUT ke 73 TNI AL, di Mako Lanal Melonguane,Senin (10/09) kemarin.

Purba menyampaikan, sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkatan Laut.

“Pada peringatan HUT ke 73 ini, Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut merupakan tema yang diangkat. Adapun makna dari tema tersebut yakni TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di Laut,” ucapnya Danlanal.

Ia berpesan untuk meningkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang Profesional, pedomani sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan trisila TNI AL dalam setiap pelaksanaan tugas. “Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab disertai kerelaan berkorban dan integritas yang tinggi dalam setiap pengabdian kita kepada rakyat, bangsa dan negara,”tutup Danlanal.

Usai upacara, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng Dirgahayu TNI AL ke-73 di dalam Mako Lanal oleh Danlanal yang diberikan kepada Prajurit TNI AL termuda Kld Isy Ary Darmawan. (sari)