Sekda Kaawoan Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Minsel,Nyiurtimes.com —Peringatan hari sumpah pemuda di kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berlangsung khidmat di halaman Kantor Bupati, Senin (28/10) kemarin.

Perayaan hari sumpah pemuda yang ke-91 dengan tema ‘bersatu kita maju’ itu dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Denny Kaawoan.

Dalam amanat upacara sekda yang mewakili Bupati Christiany Eugenia Paruntu membacakan sambutan Menpora Zainudin Amali. Menegaskan momentum sumpah pemuda kali ini harus dijadikan sebagai refleksi memperkuat dan mempertegas komitmen kebangsaan yang sudah diikrarkan para pemuda indonesia sejak 1928.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” ucap Kaawoan.

Dalam paparan sambutan Menpora Sekda mengingatkan perkembangan era digital sekarang ini justru menempatkan posisi kita berada ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba dan pergaulan bebas hingga radiklisme dan terorisme juga masuk dengan mudah nya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

“Semoga dengan semangat sumpah pemuda inilah kemudian menjadi filterisasi dari semua rongrongan negatif yang kapan saja bisa mempengatuhi generasi muda,” katanya

Semberi mengucapkan selamat memperingati hari sumpah pemuda.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkab Minsel Altin Sualang bertindak sebagai pemimpin upacara.
(Victor)