Sah! KPU Tetapkan E2L-Mantap Bupati dan Wakil Bupati Talaud Terpilih

Talaud, Nyiurtimes.com—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Talaud menetapkan Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Moktar Arunde Parapaga (Mantap) sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 2018. Penetapan tersebut digelar dalam pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 2018, di Aula KPU, Sabtu (11/8).

Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dituangkan dalam surat keputusan KPU nomor: 70/DL.3.7-KPT/7104/Kab/VIII/2018 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Talaud tahun 2018 yang dibacakan oleh Sekretaris KPU Nelwan Maloring.
“Setelah dibacakan surat keputusan ini, maka dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa, hari Sabtu (11/8) pukul 15.50 wita, saya Dra. Velma Sumee atas nama KPU Kabupaten Kepulauan Talaud dengan resmi menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih saudara dr. Elly Engelbert Lasut dan saudara Moktar Arunde Parapaga sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Talaud terpilih hasil pemilihan tahun 2018,” ucap ketua KPU Velma Sumee yang disambut tepuk tangan oleh pendukung E2L-Mantap yang memadati kantor KPU.

Sementara itu, bupati terpilih Elly Engelbert Lasut kepada awak media menyampaikan terima kasih kepada pihak KPU yang telah menyelenggarakan setiap tahapan Pilkada dengan baik. “Sampai hari ini dengan penetapan calon terpilih berlangsung dengan baik, sesuai dengan ketentuan, sesuai dengan aturan yang berlaku dan sudah diuji materialnya di Mahkamah Konstitusi (MK) dan ternyata juga diberikan penguatan oleh MK. Kami tentunya bersyukur sekali, semoga ini akan menjadi momen bagi pasangan bupati dan wakil bupati untuk kemudian secepatnya mengikuti proses pembangunan di Kabupaten Kepulauan Talaud,” ucap E2L.

Semua menyangkut dengan pelantikan, kata Lasut, diserahkan kepada yang berwenang. ” Depdagri punya kewenangan menetapkan tanggal dan waktu, maka kami serahkan semuanya itu, ” sambungnya.

Untuk menunggu saat-saat pelantikan lanjut Elly, dirinya bersama dengan wakil bupati terpilih akan meng-eliminir semua perbedaan-perbedaan. ” Waktu ini akan kami gunakan untuk mencoba mempersatukan kembali supaya suasana kondusif di Kabupaten Talaud ini bisa tercipta kembali,” tambahnya.

Disamping itu, lanjutnya, program jangka pendek untuk kedepannya akan memperbaiki kembali hubungan-hubungan antar penyelenggara negara, antar penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Talaud,  menjaga suasana yang kondusif. ” Kemudian kita akan merancang pembangunan jangka pendek yang sangat vital dan dibutuhkan di Kabupaten Talaud. Serta mempersiapkan kader-kader Kabupaten Talaud untuk disekolahkan,” tutupnya.

Hal senada disampaikan Wakil bupati terpilih Moktar Arunde Parapaga. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Talaud dimana mempercayakan E2L-Mantap sebagai bupati dan wakil bupati terpilih. ” Kepercayaan dan kecintaaan mereka terhadap sosok dr. Elly Engelbert Lasut kembali ke Talaud mereka wujudkan. Mereka memilih kami berdua sebagai bupati dan wakil bupati, kiranya hubungan yang baik ini berlangsung secara terus menerus di masa kepemimpinan kami, ” tandas Parapaga.

Diketahui sebelumnya, berdasarkan lampiran berita acara rapat pleno KPU pada tanggal 6 Juli 2018 tentang rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ditingkat kabupaten telah menempatkan bupati terpilih Elly Engelbert Lasut (E2L) -Moktar Arunde Parapaga (MAP) menjadi jawara dengan perolehan suara 22.656 atau 39,07 persen,  disusul paslon 2 Welly Titah (WT) -Hebert Pasiak (HP)  16.341 suara atau 28,18 persen, Paslon 3 Sri Wahyumi Manalip (SWM) -Gunawan Talenggoran (Menawan) 14.525 suara atau 25,05 persen, sementara Paslon 4 Handri Piter Poae (HPP) – Clartje Silvia Awulle (CSA)  4.470 suara atau 7,71 persen.

Wakil Bupati Talaud Petrus Simon Tuange,  Kapolres Talaud AKBP Denny Situmorang, Dandim 1312/Talaud Gregorius Eka Setiawan, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Agustinus Purba, Kepala Kejaksaan Negeri Talaud Sutikno, Komisioner KPU Rahma Zakawerus, Alex Suruh,  Mexny Tamaroba,  Kader Talenggoran,  Komioner Panwaslu Talaud Mardianto Bungangu, Raymond Manangkabo, utusan dari partai politik hadir dalam pleno tersebut. (Tika)