Pokja PKP Kotaku Bitung Gelar Diskusi Tematik Kawal Realisasi BPM 2019

Nyiurtimes.com, BITUNG – Kelompok kerja (Pokja) Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kota Bitung menggelar diskusi terkait mengawal pelaksanaan dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) tahun 2019, bertempat di ruang rapat kantor Bappeda. Rabu (25/09/2019)

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Bitung Marciano Lomban, yang saat itu didampingi Koordonator Kota (Korkot) Kotaku Kota Bitung Ronny Tuerah dan Kasatker PIP Allan Rawis serta Kabid Fispra Bappeda Heintje Pangalila, dihadiri
Juga para Askot Kotaku dan unsur Pokja melalui SKPD terkait serta tim Kotaku kota Bitung

Dalam kesempatan tersebut, Kaban Bappeda sangat berharap pelaksanaan kegiatan BPM (Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat) tahun 2019 dapat dimanfaatkan dgn baik. “Apakah itu dari sisi kualitas, kuantitas, efesiensi waktu yang tepat, administrasi pelaporan yang baik dan berkualitas berdasarkan SOP yang dipersyaratkan,” Ujar Marciano

Suasana Diskusi

Dirinya bersyukur di Bitung karena bisa menerima dana BPM sebesar 2 miliar yang diberikan kepada kelurahan Bitung Barat 1 dan kelurahan Girian Indah masing-masing 1 miliar. “Manfaatkanlah itu dengan baik agar menjadi bagian penting dalam penanganan kumuh,” tukasnya

Sementara itu, Korkot Kotaku Kota Bitung Ronny Tuerah yang saat diskusi sebagai moderator menjelaskan tentang progres pemanfaatan BPM 2019, baik itu secara fisik, keuangan dan administrasi. Tetapi juga hal hal lain tentang permasalahan kumuh.

Melalui diskusi ini, tim Kotaku juga menyampaikan beberapa kendala percepatan progres pemanfaatan kegiatan.
Dimana diantaranya tentang ketersediaan paving block di pabrik, dimana pesanan belum tersedia karena menunggu pigmen pewarna yang harus di pesan di Surabaya, yang mengakibatkan kegiatan belum bisa realisasi secara fisik 100%. Meskipun demikian, seluruh kegiatan ini dipastikan selesai pada bulan oktober 2019. Meskipun demikian kegiatan ini dipastikan selesai pada bulan oktober mendatang.

Dalam diskusi tersebut, juga di bahas tentang perencanaan skala kawasan yang sudah hampir final.

Satker PIP Kota Bitung Allan Rawis
Berharap perencenaan kawasan yang direncanakan pada 2020 ini dapat di support oleh Pokja PKP bahkan Pemerintah Daerah secara menyeluruh bahkan dukungan masyarakat Kota Bitung.

“Spot skala kawasan sendiri berada di Kel. Bitung Tengah dan Kel. Bitung Timur Kecamatan Maesa. Dan untuk perencanaan ini Bitung masuk dalam kategori prioritas pada tahun 2020 nanti,” pungkasnya (REFLY)