Pimpin Apel Tuange Tegaskan ASN Harus Netral

Netralitas ASN jadi penting mendorong pilkada berkualitas

Talaud, Nyiurtimes.com–Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange apel pagi bersama dengan seluruh ASN dilingkup Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (9/4) kemarin.

Saat memberikan arahan dalam apel tersebut, Tuange kembali mengingatkan kepada seluruh ASN bahwa aturan jelas telah mengatur posisi ASN dalam menghadapi Pilkada.
“Sebetulnya sudah ada pedoman yang jelas, arah yang jelas terkait dengan posisi kita sebagai ASN, tempatkan diri anda pada posisi yang Tepat,”ucap Tuange

Ia mengatakan, berdasarkan survey dan kenyataan membuktikan bahwa sesudah Pilkada, yang menang pasti melihat pergerakan ASN dan yang kalah akan pergi tanpa pamit.
Untuk itu, Tuange meminta kepada seluruh ASN agar bersikap Netral dalam menghadapi Pilkada 2018 dan fokus serta mematuhi hal-hal yang bersifat normatif. Tidak perlu terbawa arus karena ASN sudah mempunyai tupoksi masing-masing.“ Surat Gubernur Sulawesi Utara, sebagai perpanjangan tangan Presiden, sudah jelas arahnya dan harus dipatuhi oleh semua yang berkepentingan,”imbuhnya

Terkait posisinya, Tuange menyampaikan bahwa saat ini, tanda jabatan yang dipakainya adalah Wakil Bupati karena jabatan Bupati telah kembali kepada Sri Wahyumi Maria Manalip. Namun katanya, karena Bupati telah melaksanakan Ijin cuti, maka dirinya sebagai wakil Bupati telah ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan fungsi Bupati.
“Dari surat Gunernur terhitung dari 6 April pukul 01.00 Dini hari, Bupati Manalip harus menjalani cuti diluar tanggungan Negara dan saya sebagai wakil Bupati sesuai dengan pasal 66 ayat 1 huruf C, ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas bukan pejabat sementara,”tegasnya Tuange. Sembari menambahkan bahwa tugasnya sudah jelas, yaitu melaksanakan tugas dan wewenang sebagai Bupati. “Dari kewenangan ini jelas, saya bisa melakukan pergeseran anggaran, saya bisa melakukan perubahan APBD 2018, saya bisa melakukan pembahasan APBD 2019, saya bisa melakukan mutasi dan roling pegawai apabila itu diijinkan oleh Menteri dalam negeri,”terangnya.

Diakhir sambutannya, sebagai pemegang tongkat kepemimpinan daerah saat ini, Tuange mengajak seluruh ASN dilingkup Pemkab Talaud untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan di Kabupaten Talaud.
“Karena itu saya mengajak anak-anakku semua, ASN Talaud, mari kita dalam sebuah gembong kebersamaan untuk mau melanjutkan pembangunan di Tanah Porodisa ini,”tandasnya.

Apel bersama ini turut dihadiri Sekkab Kabupaten Talaud Adolf S. Binilang, Asisten Pemerintahan dan Kesra Alex Sahadula, pejabat tinggi pratama dan para Kepala Badan Dinas. (tika)