Pesta Adat Tulude 2020: Tarian-tarian Adat Apa Saja ditampilkan ?

MANADO-Nyiurtimes.com- Perayaan Tulude Jemaat GMIM Lahai Roi Malalayang sebentar lagi bakal dilaksanakan. Sebagaimana warisan budaya, maka dalam pelaksanaan nanti akan menampilkan beragam tarian adat yang menjadi ciri khas dari acara adat tulude tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh ketua panitia Tulude Jemaat GMIM Lahai Roi, Pnt Junius Mangensihi. Nantinya akan ada tarian upase, gunde, masamper, empat wayer. Masih ada tarian-tarian lainnya; kata Mangensihi.

Lanjut dia, nantinya juga tamu kehormatan akan dijemput dengan tarian adat sampai ke lokasi perayaan adat tulude. Dengan konsep-konsep tersebut, maka para tamu dapat terhibur, dalam syukur atas perlindungan Tuhan, tambahnya.

Disisi lain, pria yang juga dipercayakan sebagai tetua warga nusa utara di Malalayang tersebut berkerinduan pelaksanaan tulude jemaat GMIM Lahai Roi tidak hanya dihadiri oleh tamu dalam negeri, namun ada tamu-tamu mancanegara yang hadir.

Berharap juga, acara tersebut nanti akan di hadiri oleh turis-turis. Dengan begitu budaya tulude semakin dikenal didunia, tambahnya.

Lebih jauh kata dia, ini bisa jadi ajang promosi budaya-budaya dari Nusa Utara, sehingga bisa dilaksanakan setiap tahunnya.

Diketahui, pelaksanaan adat tulude jemaat GMIM Lahai Roi Malalayang pada 14 Fabruari 2020 dengan mengambil tempat di Lorong Orang Sanger (LOS). (Ade)