Persiapan Verlap Kota Sehat, Bitung Optimis Raih Swasti Saba Wistara

Nyiurtimes.com, BITUNG – Kota Bitung saat ini bersiap menyambut tim penilai Kota Sehat yang akan melakukan Verifikasi Lapangan (Verlap). Rabu (11/09/2019)

Persiapan untuk diverifikasi lapangan secara maksimal telah rampung disemua tatanan, bahkan sejumlah pengembangan dan inovasi yang telah dilakukan telah diajukan sebagai dokumen untuk dilakukan Verlap. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Franky Soriton

“Sejak sebulan terakhir ini, persiapan dan pembenahan sudah dilakukan, terakhir rapat koordinasi dan evaluasi dilakukan dengan semua perangkat daerah dan stakeholder terkait termasuk dengan Forum Kota Sehat dan Pembina Kota Sehat semuanya berjalan sesuai rencana,” ujar Soriton kepada sejumlah media.

Dia juga menyebutkan pihaknya sudah menerima jadwal Tim Verlap dari Kemendagri dan Kemenkes dan kementerian terkait lainnya yang akan turun Bitung selama dua hari yakni 16-17 September 2019.

“Round down verlap sudah kami terima, sesuai rencana tim verlap setiba di bandara akan langsung menuju Bitung pada sekitar pukul 10.00 wita,” jelas Soriton.

Terpisah Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bitung, Wilson Wonte mengatakan bahwa para pengurus FKS beberapa hari melakukan monitoring lapangan untuk memastikan setiap tatanan yang akan diverlap betul-betul telah siap.

“Harus dipastikan setiap tatanan dan lokus telah sesuai dengan dokumen yang ada, sehingga harus di cek keberadaannya di lapangan. Kami tetap optimis akan meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara tahun 2019 ini,” pungkasnya. (REFLY)