Pers Mampu Meminimalisir Angka Kriminalitas

TALAUD,Nyiurtimes.com– Peran pers merupakan sebuah kekuatan yang bisa merubah dunia atau perilaku masyarakat kearah lebih baik. Hal ini disampaikan Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Denny Situmorang, saat menghadiri Musyawarah Daerah Pertama Forum Wartawan Perbatasan.“Hal itu dilakukan pers melalui pemberitaan dimedia cetak maupun elektronik,” ujarnya, di Aula Bapelitbang, kemarin.

Dikatakannya, pemberitaan dilakukan insan pers dengan data akurat dan berimbang sesuai dengan UU tentang Pers dan Kode etik akan berdampak besar bagi masyarakat.
“Dengan menjunjung tinggi UU Pers dan Kode etik, maka informasi yang diberikan pers akan berpengaruh positif bagi masyarakat. Pers juga turut serta menjaga ketertiban lewat penyebarluasan informasi yang membangun. Peran serta media sangat membantu meminimalisir angka kriminalitas,” terang Kapolres.

Menurut Situmorang, setiap masalah terjadi dimasyarakat, polisi harus hadir supaya semakin dicintai. Bahkan tanpa peranan masyarakat dan wartawan polisi tidak akan bisa bekerja maksimal.“Terjalinnya kerjasama sebagai mitra antara polisi dan pers dapat membantu kinerja sesama,” paparnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Alex Sahadula, Kasdim 1312/Talaud dan perwakilan Lanal Melonguane dan para perwakilan SKPD turut hadir dalam musda ini. (Tika)