Pemkab Minsel Gelar Launching Kasda Online

Amurang, nyiurtimes.com–Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Badan Keuangan Daerah bekerjasama dengan Bank Sulutgo menggelar launching kasda Online versi dua di Lingkungan Perangkat Daerah Pemkab Minsel. Sosialisasi yang melibatkan semua bendahara Perangkat Daerah itu, digelar di Hotel Sutan raja Rabu kemarin.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Denny Kawoan menjelaskan launching kasda online merupakan perwujudan dari gerakkan nasional non tunai dan kegiatan penata usahaan, pengendalian gaji ASN T.a 2018. Kawoan menjelaskan bahwa pokok surat edaran Mendagri No 910/1866/SJ dan 910/1867/SJ tentang implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah yakni akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, dilaksanakan paling lambat 1 Januari 2018.
“Itu meliputi seluruh transaksi penerimaan dan pengeluaraan daerah, pemindahan uang dengan menggunakan instrument APMK, cek, bilyet, giro, uang elektronik atau sejenisnya,” ungkap Kawoan. Nah lebih jauh pejabat eselon II yang dikenal low profile itu menerangkan semua kegiatan transaksi keuangan harus berkoordinasi dengan bank atau lembaga keuangan.
Di sisi lain ia pun menyentil pengelolaan keuangan daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sebagai akibat dari penyerahan urusan pemerintahan, dan tentunya dilakukan secara tertib, taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, efesien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.
“Intinya semua transaksi keuangan sudah harus menggunakan non tunai, ” tegas Kawoan. (Viktor)