Pemilih Tambahan Minsel Tembus Dua Puluh Ribuan

Amurang, nyiurtimes.com--Pemilih tambahan Kabupaten Minahasa Selatan pada pemilu 2019 mendatang rupanya menembus angka dua puluh ribuan. Itu terungkap dalam rapat pleno rekapitulasi daftar Pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu tahun 2019. Yang digelar Komisi Pemilihan Umum di Hotel Sutanraja, Minggu (17/6) lalu.

Pleno terbuka tersebut ikut diawasi langsung oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten bersama pihak pemerintah daerah yang diwakili Kepala Badan Kesabangpol. Hadir pula perwakilan partai politik peserta pemilu.

Ketua KPU Fanley Pangemanan menjelaskan pleno rekapitulasj DPS merupakan bagian penting dalam proses pemutahiran data pemilu. Walau masih bersifat sementara. Sebagaimana yang tertuang dalam psal 18 PKPU 11 Tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih.

“Nah dalam format model AC3 KPU atau yang populer dengan daftar pemilih potensial non-KTP kita mengalami penambahan pemilih sebanyak 20.785 pemilih,” ungkap Pangemanan.

Rakapitulasi daftar pemilih potensial itu rata-rata tersebar di 17 kecamatan dan 177 desa dan kelurahan.

“Berdasarkan itu maka jumlah pemilih dalam format A.1.1-KPU perihal rekapitulasi DPS untuk pemilu 2019 mendatang sejumlah 172.371 pemilih,” tandas Dosen Fispol Unsrat itu.

Olehnya itu, usai penetapan tersebut ia mengaku pihaknya bakal segerah disosialisasikan hingga ke pelosok pedesaan.

“Hasil tersebut belum final. Artinya masih ada kesempatan perbaikan sampai Agustus mendatang. Kalau toh ada warga yang belum terdaftar segerah melalor ke PPS setempat. Supaya didaftarkan. Sebelum penetapan final atau yang kita kenal Daftar Pemilih Tetap (DPT). (glas)