Peduli Lingkungan Hidup, TNI AL Tanam 1000 Pohon di Pulau Terluar

TALAUD– Sebagai wujud kepedulian dan kecintaan terhadap pulau dan makhluk yang hidup di dalamnya, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Melonguane di bawah Komando Danlanal Letkol ( Mar) Augustinus Purba bersinergi dengan Balai Pengeloaan DAS Tondano – Persemaian Kima Atas, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) beserta Muspika dan Masyarakat di Desa Marampit, melaksanakan kegiatan penanaman 1000 pohon, belum lama ini.

” Lingkungan hidup, ekosistem kita telah banyak mengalami kerusakan. Pencemaran udara mengakibatkan polusi. Sementara itu, lahan di sekitar kita sering terlihat gersang dan banyak hutan yang rusak. Akibatnya, pada musim hujan kita mengalami bencana banjir, erosi dan longsor. Sementara, ketika musim kemarau kita akan mengalami kekeringan.

Ini merupakan pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan kita mulai rusak sehingga tidak dapat berfungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan,” ujar Danlanal dalam sambutannya yang dibacakan Dansposmat Pelda ( Ttu ) Yoyok.
Oleh karenanya, Danlanal berpesan demi masa depan generasi penerus, kita harus action.

Sebab apa yang kita miliki saat ini, bukan sekedar warisan nenek moyang melainkan pula milik generasi yang akan datang.
” Marilah kita biasakan menggunakan istilah tebang satu tanam seribu.

Bayangkan jika satu orang menebang dua pohon? Bagaimana kalau seratus orang ? Tentu dapat menyebabkan rusaknya hutan dan kekeringan, karena tidak ada akar pohon yang mampu untuk menyimpan cadangan air. Karena itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sadar akan pentingnya hutan kita, dan berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungan alam yang baik dan lestari,” pungkasnya.

Sekcam Marampit, Kades Marampit, Tokoh Adat, Agama, Masyarakat dan Pemuda Desa Marampit, Guru – Guru SD, SMP dan SMA, Pegawai BP2LHK Manado, Adi Suryawan dan Sudomo Yuliantoro, Kapolsek Nanusa, Danramil Nanusa, Pers Satgas Pamputer dari Yon 713/Gorontalo, Guru serta perwakilan masyarakat di Pulau Marampit turut hadir dalam kegiatan ini. (tika)