Paswaslu Layangkan Himbauan Untuk Paslon

TALAUD, Nyiurtimes.com- Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud dalam upaya pencegahan Pelanggaran Pilkada, telah melayangkan surat himbauan kepada masing-masing pasangan calon maupun seluruh stakeholder. Adapun isi himbauan tersebut antara lain dalam kampanye, pasangan calon tidak boleh melibatkan pihak yang dilarang seperti ASN, TNI, Polri, pejabat negara, pejabat BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa. “Dalam kampanye juga tidak boleh mempermasalahkan mengenai dasar negara, pejabat negara juga tidak boleh membuat keputusan yang bisa menguntungkan dan atau merugikan pasangan calon tertentu, pejabat negara atau pejabat daerah yang menjadi Tim Kampanye tidak memanfaatkan fasilitas publik, program pemerintah seperti bantuan sosial, dana pemberdayaan masyarakat untuk kepentingan politik pemenangan pasangan calon,” ujar Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda, kemarin.

Wauda juga mengatakan, alat peraga kampanye berupa baliho, billboard kampanye yang boleh terpasang adalah yang difasilitasi KPU dan yang sudah melalui persetujuan KPU. “Di luar itu, sudah jelas ketentuannya harus ditertibkan. Pasangan calon yang sudah ditetapkan agar menghormati dan mengikuti semua regulasi yang berlaku selama tahapan.

Pasangan Calon dan Tim sukses / tim kampanye, serta simpatisan tidak menggunakan politik uang untuk mempengaruhi pemilih, menyebarkan berita hoax, fitnah, dan informasi yang membangkitkan sentimen SARA.

Marilah kita wujudkan penyelenggaraan kampanye Pilkada sebagai sarana pendidikan politik rakyat dalam mengetahui dan memahami visi, misi, dan program paslon demi terwujudnya kemakmuran bersama,” jelasnya. (Fita)