Panwaslu bersama Polres dan Kejari Talaud Launching Gakkumdu

Talaud, Nyiurtimes.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Talaud, melaunching sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Kabupaten Talaud, yang merupakan kerjasama antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres Talaud dan Kejari Talaud yang dilaksanakan di Aula Rumah Makan cendrawasih  Kecamatan Melonguane.

Ketua Panwaslu Kabupaten Talaud Jekman Wauda saat launching Gakkumdu mengatakan bahwa ini sebagai komitmen bersama, dalam hal penindakan temuan tindak pidana pemilu saat proses Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung.

“Dengan resminya launching Gakkumdu, maka secara resmi sudah dimulai penindakan temuan pelanggaran pemilu. Mulai dari kabupaten hingga kecamatan,” ujarnya.

Launching sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) ini juga disambut positif oleh Kapolres Talaud yang diwakili Ipda Daud Manopo. Bahwa Secara institusi kami mengapresiasi  dengan launchingnya Gakkumdu untuk penegakan hukum untuk saat Pemilu.

“Memang kita harus komitmen bersama dalam rangka melaksanakan amanat ini. Oleh karena itu kita harus bahu membahu,” tegas Manoppo yang juga selaku narasumber dalam acara lounching tersebut

Manoppo juga menambahkan agar setiap personil yang bertugas di panwaslu Kabupaten  Talaud dan sebagai penyidik gakumdu agar tetap menjaga Netralitas dan Integritas  sebagai Anggota polri.

”Selaku penyidik polri harus tetap menjaga Netralitas dan integritas  sebagai Anggota polri, selain itu juga dalam proses Tindak Pidana Pemilihan agar Centra Gakumdu jangan mengejar pengakuan melainkan harus pembuktian yang sebagaimana di atur dalam pasal 184, 185 Kuhap serta tetap memperhatikan waktu proses penyidikan sesuai PP 58 tahun 210,” jelas Lelaki yang selaku KBO Sat Reskrim Polres Talaud

Kegiatan dihadiri Mustarin Humagi selaku koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Daud Manopo selaku KBO Sat Reskrim Polres Talaud mewakili Kapolres Talaud, Bobi Selang selaku Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Talaud mewakili Kajari Talaud. Selain itu dihadiri pula dari perwakilan Panwascam, tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda.

(Andi Pusut)