Pandang Enteng!! 20 Ribu Orang Minahasa Selatan Belum Rekam e-KTP

Amurang,Nyiurtimes.com-Sebanyak dua puluh ribaun, warga Minsel belum melakakukan perekaman e-KTP. Jumlah tersebut berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minsel tahun 2017.

Kepala Disdukcapil Minsel Korneles Mononimbar mengatakan, telah melalukan berbagai upaya untuk merampungkan perekaman data e-KTP. Apalagi menurutnya dari 169 jumlah penduduk wajib KTP, sudah 145 yang melakukan rekaman. Sisanya 20 ribuan atau sama dengan 10 persen.

“Itu sebab untuk mencapai target seratus persen, kami membuka pelayanan keliling kecamatan, berkoordinasi dengan kepala desa dan lurah dengan mengirimkan nama warga yang belum melakukan perekaman sehingga diimbau untuk segera ke kantor Disdukcapil,” ungkap Mononimbar.

Pejabat yang dikenal familiar dengan awak media itu, memastikan ketersediaan blanko masih cukup. Malah surplus.

“Tahun 2017 kemarin justru ada beberapa kabupaten/kota yang pinjam blanko ke kita. Sebab memang dari semua kabupaten/kota Minsel paling banyak mendapat kuota blanko,” jamin Mononimbar.

Sementara itu, ia juga mengatakan ada sekira lima ribu dokumen e-ktp yang siap di cetak dalam pekan ini.

“Jadi yang sudah siap cetak (print ready record) itu ada lima ribu. Mudah-mudahan pekan ini sudah tuntas semua,” harapnya.

Sambil menginformasikan Kartu Identitas Anak (KIA) juga sudah tersedia aplikasinya. Kalau ada keluarga yang sudah mau daftarkan anaknya silakan datang saja ke kantor Dukcapil Minahasa Selatan. (*)