Owww ! Potongan Iuran Pensiun Disoal

Amurang,Nyiurtimes.com-Wacana pemotongan iuran dana pensiun dinaikan mendapat perhatian Pemkab Minsel. Meski belum mengetahui pasti mekanisme baru dana pensiun, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Denny Kaawoan mengakui, beban anggaran belanja pegawai bagi para pensiunan cukup besar.
Dijelaskan, setiap tahun, pihaknya mengalokasikan penambahan anggaran untuk pensiun nanti hampir 10 persen dari keseluruhan gaji pegawai. “Jadi tidak ada pengurangan dari gaji pegawai. Kita sudah tambahkan untuk disimpan bagi dana pensiun pegawai itu sendiri nantinya. Tahun lalu persentasenya bertambah otomatis anggaran tambahan itu kita tambah,” terang dia.
Namun begitu, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pusat bila benar wacana itu diberlakukan. Sebab, pengurangan gaji untuk pensiun merupakan hal baru bagi ASN. “Selama ini kan kita sediakan jadi pasti banyak yang protes. Tapi kita tunggu saja kami juga belum mendapat informasi terkait itu,” ujarnya.
Sementara itu, keputusan itu sontak menuai kekecewaan dari sejumlah ASN. Seperti yang ditemui redaksi, salah seorang ASN di kantor pemkab mengaku keberatan bila gajinya dipotong untuk dana pensiun. Apalagi tidak akan berpengaruh pada penambahan besaran pensiun yang nanti diterima. “Itu sama dengan gaji kami dipotong. Sudah tidak naik lagi lalu mau dipotong kami harap pemerintah mengkaji lagi keputusan ini,” keluhnya. (viktor)