Nih! Nomor Urut Cakada Talaud : Paslon Klaim Bawa Keberuntungan

Talaud,Nyiurtimes.com–Genderang perang pilkada Talaud sudah ditabur. Itu menyusul penetapan paslon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada 2018, di Aula Kantor KPU, Selasa (13/2) kemarin.

Masing-masing pasangan calon meyakini ada domino keberuntungan di balik nomor urut. Pantauan Nyiurtimes usai mencabut nomor urut pendukung empat pasangan calon nampak memproklamirkan kemenangan. Ekpresi kebahagiaan begitu kuat. Seolah memberi pesan nomor yang dikantongi merupakan tanda-tanda kemenangan semakin dekat.

Seperti halnya pasangan calon usungan koalisi Nasdem, PKI dan Gerindra Elly Lasut – Mochtar Parapaga, mengamini mendapat nomor urut satu sebagai sebuah keberuntungan.

“Ini praktis persis seperti yang kami harapkan. Nomor satu memang paling mantap. Walau sebenarnya semua angka baik,” ujar Parapaga, dengan raut bahagia.

Pasangan calon Sri Manalip dan Gunawan Talenggoran (Menawan) yang mengambil undian kedua, mendapatkan nomor urut tiga. Sementara paslon Welly Titah – Heber Pasiak mengantongi nomor urut dua. Dan pasangan terahir Handri Poae – Clartje Awulle nomor mengantongi nomor urut empat.

Ketua KPU Talaud Velma Sumee dalam sambutannya mengatakan, pasal 201 ayat 1 UU nomor 8 tahun 2015 mengamanatkan untuk melaksanakan Pilkada Serentak.

” Hari ini (kemarin red) dilakukan tahapan pengundian nomor urut dan penetapan daftar pasangan calon. Tahapan ini menjadi sangat istimewa karena menandai dimulainya secara resmi pelaksanaan Pilkada di Talaud,” ujarnya.

Sumee juga menyampaikan, nomor urut pasangan calon perlu ditetapkan, karena nomor urut nantinya akan dimasukkan dalam alat peraga kampanye, bahan kampanye dan surat suara pemilihan. Setelah penetapan nomor urut pasangan calon, katanya, dalam waktu dekat KPU juga akan melaksanakan deklarasi pilkada damai. Pilkada yang berintegritas.” Kami meminta paslon mengikhrarkan janji. Janji untuk mewujudkan pilkada damai dan berintegritas. Dalam sistem pemilu saat ini, paslon yang berintegritas mampu membawa dan mewujudkan masyarakat damai, sejahtera yang tentunya menjadi idola masyarakat. Saya tegaskan, paspol dan semua jajaran memiliki tanggungjawab yang sangat besar terhadap kualitas pemimpin nantinya. Untuk itu saya berharap paslon, tim kampanye dan tim pemenangan dan parpol tidak melakukan rangkaian yang menciderai integritas pilkada ini. Mari sama-sama belajar untuk taat asas, berkompetisi sesuai koridor dan sesuai aturan. Jika semua itu dapat kita lakukan, pilkada berjalan lancar dan sukses. Lakukan pendidikan politik terhadap rakyat,” tandasnya.

Adapun Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut dibuka sekira pukul 12.00 wita oleh Ketua KPU Velma Sumee. Komisioner KPU Rahma Zakawerus menuntun proses pengundian nomor urut. Komisioner KPU Kader Talenggoran, Mexny Tamaroba dan Alex Suruh hadir dalam acara ini. Komisioner Panwaslu Jekman Wauda dan Mardianto Bungangu juga hadir mengawasi. Kejari Kepulauan Talaud Hendry Silitonga, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Denny Situmorang, Danlanal Melonguane Letkol (MAR) Moh Maftukin, Kasdim 1312/Talaud S Panaha serta para tokoh masyarakat turut menghadiri. (Fita)