Momentum Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bitung Ditetapkan Sebagai Kota Layak Pemuda

Nyiurtimes.com, BITUNG – Kota Bitung ditetapkan sebagai Kota Layak Pemuda oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Senin (28/10/2019)

Hal ini disampaikan Wali Kota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban, SE MSI saat menghadiri upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 didampingi Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM yang dilaksanakan di lapangan kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

“Pemerintah Kota Bitung berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang ada di kota Bitung, terutama kepada para pemuda yang telah mengambil bagian dalam membangun kota. Berbagai potensi generasi muda turut berpengaruh dalam peningkatan pembangunan kota Bitung bahkan telah mengukir prestasi di tingkat internasional. Partisipasi dan daya juang kita semua tidaklah sia-sia, oleh karena dari 514 jumlah Kabupaten/kota di Indonesia telah terpilih 20 Kabupaten/kota yang layak pemuda dan melalui penilaian dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, pemerintah serta masyarakat kota Bitung wajar untuk mendapatkan penghargaan Kota Layak Pemuda,” ujar Lomban

Dalam kesempatan tersebut, Lomban yang bertindak sebagai Inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI.

Wali Kota Bitung Max J Lomban saat membacakan sambutan Menpora RI

“Bersatu Kita Maju,hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda adalah harapan bangsa dan negara, oleh karenanya tema Bersatu kita Maju merupakan suatu keharusan bagi Pemuda karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju,” tutur Lomban membacakan sambutan Menpora

Lanjutnya, pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan, inovasi, kreatifitas tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, berbagai informasi yang persifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme juga terorisme masuk dengan mudahnya.

“Tugas Pemuda Indonesia saat ini kata Lomban ialah harus maju dan berani menaklukan dunia, mampu bersaing dalam hal positif, merespon kemajuan dengan kreatif, menghargai keluhuran dan perjuangan generasi sebelumnya. Serta harus sanggup membuka pandangan keluar dari batas-batas tembok kekinian dunia demi menyonsong masa depan yang lebih baik dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” kata Lomban

Dirinya berharap melalui momentum Hari Sumpah Pemuda ini, akan menjadikan kita semua tetap bersinergi, berkolaborasi aktif antara masyarakat dan pemerintah terutama dari generasi pemuda terhadap pembangunan Kota Bitung semakin terpacu.

“Kreatifitas dan inovasi pemuda tetap dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membangun kota yang tercinta Kota Bitung. Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu. Berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita karena pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pungkasnya (REFLY)