Mokalu : Pengelolaan Dandes Kami Lakukan Transparan dan akuntabel

Amurang,Nyiurtimes.com – Sesuai petunjuk Bupati Minahasa Selatan (Minsel) DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE tentang Pengelolaan Dana Desa (Dandes) yang harus transparan dan akuntable, itu nyata dilakukan Hukum Tua Desa Tumaluntung Satu, Kecamatan Tareran Kabupaten Minsel, Sulawesi Utara (Sulut).

Ketika ditemui pada Senin (29/4/2019), Hukum Tua Desa Tumaluntung Satu Arther Hadi Mokalu mengatakan, penggunaan Dandes secara transparan dan akuntable, telah kami lakukan sejak dua tahun terakhir.
Prinsip-prinsip transparan dan akuntable dalam mengelola Dandes baik dari media, baliho, hingga laporan yang akan disampaikan aparat desa kepada warga,

“Transparan dan akuntable Dandes saya lakukan untuk menghindari kasus dugaan penyimpangan Dandes yang banyak disorot oleh media massa,” ucap Arther Mokalu.

Lanjutnya lagi, tahun ini pembangunan Desa Tumaluntung Satu masih terfokus di sarana dan prasarana dalam desa.

“Mudah-mudahan tahun ini semua yang sudah masuk dalam skala prioritas boleh terselesaikan sesuai dengan harapan. Sehingga tahun depan akan fokus ke sarana produksi perkebunan dan pertanian,” tambah Mokalu.

Dirinya juga membeber, untuk tahun ini Desa Tumaluntung Satu mengelola dana yang cukup besar mencapai 1.441.506.000,- yang bersumber dari Dandes, Alokasi Dana Desa (ADD) dan pendapatan lain-lain serta penerimaan pembiayaan.

“Pembangunan di Desa Tumaluntung Satu, yang terbesar ada di bidang Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. Kami akan membangun rabat beton jalan desa, drainase, talud dan gorong-gorong, senilai Rp. 918.708.700,-,” beber Mokalu.

Disampaikannya lagi bahwa dana juga akan disalurkan untuk pembangunan di bidang Pendidikan, Kesehatan serta Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.
(Victor)