MJL Perjuangkan Dana Bagi Hasil SDA Tahun 2020

Nyiurtimes com, BITUNG – Sebagai pemimpin yang terus berkomitmen mensejahterakan masyarakatnya, Wali Kota Bitung Max J Lomban (MJL) didampingi Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah Riano Senduk,m serta Kepala Dinas PUPR Rudi Theno, mendatangi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Rabu (22/01/2020)

Kedatangan MJL bersama jajaran teknis ini, untuk berkonsultasi sekaligus memperjuangkan Dana Bagi Hasil (DBH) dari sektor Sumber Daya Alam Tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Lomban berharap Kemenkeu dapat memberikan DBH untuk Kota Bitung, sesuai dengan pencapaian hasil sumber daya alam pada jenis Mineral dan Batuan (Minerba) di Kota Bitung.

“Kami berharap Kementerian Keuangan dapat memberikan Dana Bagi Hasil yang merupakan hak Pemerintah Daerah. Karena semua hasil dari Minerba Kota Bitung kami laporkan lengkap,” ujar Lomban sembari menyinggung kekurangan bahwa masih adanya kekurangan transfer dari Pemerintah Pusat kepada pemerintah Kota Bitung tahun 2019.

Sementara itu, Kasubdit Bagi Hasil Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Ardimansyah, memberikan apresiasi bagi Wali Kota Bitung yang memperjuangkan dana untuk Kota Bitung hingga ke Pemerintah Pusat. “Kami memberikan jaminan, setiap pencapaian hasil yang sudah dihasilkan melalui SDA akan diberikan semua, bahkan ada yang menjadi kurang bayar terhadap bagi hasil Pemerintah Kota Bitung tahun sebelumnya akan diberikan di tahun 2020 ini,” ungkap Ardimansyah.

Sehari sebelumnya, MJL didampingi Kadis PUPR Rudi Theno, Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Riano Senduk dan Kabag Umum Theo Rorong, melaksanakan konsultasi program siaga bencana di Kementerian PUPR sebagai program persiapan kesiapsiagaan bencana. (REFLY)