Meriahkan Dies Natalis ke-35, AIPI Manado Gelar Dialog Hadapi Pilkada 2020

MANADO, Nyiurtimes.com – Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Manado akan menggelar dialog bertajuk “Ujian Integritas Penyelenggaraan Pilkada 2020” di Graha Pena Manado Post, Selasa (28/1/2020). Kegiatan ini dalam rangka memeringati hari ulang tahun AIPI ke-35 tahun yang jatuh pada pada 17 Januari 2020.

Ketua AIPI Manado, Steven Kandouw mengatakan perayaan tahun ini akan menghadirkan pengurus pusat AIPI, Muhammad yang juga mantan Ketua Bawaslu RI juga menjabat ketua DKPP RI, saat ini.

“Sebagaimana struktur kepengurusan di pusat, AIPI Cabang Manado juga melibatkan ahli-ahli ilmu politik seperti dosen, peneliti, penyelenggara pemilu, pers, dan birokrat,” ujar alumni Ilmu Politik Fisip Universitas Indonesia ini.

Struktur kepengurusan AIPI di tingkat pusar berjejer nama-nama besar seperti menteri, anggota KPU, Bawaslu, DKP, dewan pengawas KPK, pimpinan perguruan tinggi. Serta lembaga-lembaga riset seperti LIPI, Populi Centre, CSIS dan lain-lain.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ketua DKPP RI, Muhammad, Ketua Minat Tata Kelola Pemilu Pascasarjana Unsrat dan Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unsrat, Ferry Daud Liando, Ketua KPU Sulut ardiles Mewoh, dan Ketua Bawalsu SuluT Herwyn Malonda.

Ketua tim kerja dies AIPI Manado Raymond Pasla didampingi Sekretaris Boy Paparang mengajak para dosen, mahasiwa, penyelenggara pemilu, dan penggiat pemilu untuk menghadiri acara tersebut.

AIPI merupakan wadah profesi tempat berhimpunnya ahli-ahli politik. Baik sebagai ilmuwan, peneliti maupun praktisi, yang menunjukkan eksistensinya sebagai bagian terpenting untuk kemajuan bangsa.

Eksistensi organisasi yang diketuai anggota Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP), Alfitra Salam ini terus berkembang baik di tingkat nasional maupun di Sulawesi utara.

Para anggotanya dari berbagai macam profesi seperti dosen, politisi, kepala daerah, birokrat, peneliti, pers dan penyelenggara pemilu seperti Ryas Rasyid mantan Menteri Otda, Pratiknjo Menteri Sekretaris Negara, Djohermansya Djohan, Syamsudin Haris, anggota dewan pengawas KPK RI, Arief Budiman Ketua KPU RI, MuhamMad, Ketua DKPP RI, Gunawan Suswantoro, Sekjen Bawaslu RI, Bernard Sutrisno, Sekjen DKPP RI dan Ketua Umum Alfitra Salamm sebagai anggota DKPP RI.(Nes)