Menjejak 15 Tahun Minsel Berkembang Pesat

LIMA BELAS TAHUN sudah Minahasa Selatan menapaki daerah otonomi. Di bawah dapuk tata pemerintahan duo top eksekutif Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Wongkar. Minsel mengalami perkembangan pesat di banyak lini. Infrastruktur menggeliat, ekonomi merebak mekar. Begitupun sektor-sektor lainnya. Pertanian, perkebunan, tingkat kesejateraan warga meningkat. Kesehatan ideal. Pendidikan begitu bagus. Termasuk tata kelola pelayanan publik. Banyak prestasi sudah ditorehkan. CEP-FDW tampil menggebrak. Beragam program unggulan terus direalisasi. Tentu ini merupakan persembahan terbaik untuk mewujudkan Minsel hebat dan terdepan.

  • KAYA BUDAYA : Tarian maengket ikut memeriahkan paripurna hari jadi Minsel ke-15
  • Ini Prestasi Luar Biasa CEP-FDW :

    SECARA BERKESINAMBUNGAN DI TAHUN 2018, ANTARA LAIN MELALUI :
    1) PEMBANGUNAN JALAN DAN JEMBATAN, PEMBANGUNAN BOULEVARD AMURANG; PEMBANGUNAN SARANA IRIGASI, SARANA AIR BERSIH DAN SANITASI SERTA PEMBANGUNAN SARANA PENYULINGAN AIR LAUT SIAP MINUM YANG AKAN TERUS KITA LANJUTKAN DI TAHUN 2018;

  • Bupati Minsel Tetty Paruntu bersama wakil Bupati Frangky wongkar.
  • 2) DI BIDANG PERTANIAN, DI TAHUN 2017 YANG LALU MINSEL TELAH TUMBUH MENJADI DAERAH YANG PALING MAJU DIBIDANG MODERNISASI PERTANIAN DI SULAWESI UTARA MELALUI BANTUAN ALAT MEKANISASI PERTANIAN BERUPA 33 TRAKTOR RODA 4 DAN 64 UNIT TRAKTOR RODA 2. HAL INI TELAH MEMBUAT RODA PERCEPATAN TANAM DI MINAHASA SELATAN MENINGKAT DRASTIS DIMANA LUAS TANAM JAGUNG TAHUN 2017 MENCAPAI 88 RIBU 127 HEKTAR DIBANDING TAHUN-TAHUN SEBELUMNYA YANG RATA-RATA HANYA MENCAPAI 18 RIBU HEKTAR PER TAHUN. HAL INI AKAN TERUS KITA LANJUTKAN DI TAHUN 2018. UNTUK ITULAH, SAYA MENGAJAK SELURUH MASYARAKAT MINAHASA SELATAN, MARI KITA MENANAM, MENANAM DAN MENANAM UNTUK KESEJAHTERAAN SELURUH MASYARAKAT.

  • pesta rakyat yang dipusatkan di kawasan wisata IM Amurang
  • 3) DI BIDANG KESEHATAN, PADA TAHUN 2017 PEMERINTAH TELAH MENINGKATKAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN/PERTANGGUNGAN ASURANSI, REHABILITASI BEBERAPA PUSKESMAS DAN PEMBANGUNAN GEDUNG BARU PUSKESMAS AMURANG TIMUR, PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD DENGAN PENYEDIAAN RUANGAN OPERASI DENGAN STANDARD SIRO (SISTEM INTEGRASI RUANG OPERASI) DAN PENAMBAHAN DOKTER AHLI, TERMASUK PENINGKATAN PENANGANAN KESELAMATAN IBU MELAHIRKAN DENGAN MENJAMIN BIAYA FASILITAS KESEHATAN PERSALINAN BAGI KELUARGA MISKIN DAN MENYIAPKAN RUMAH TUNGGU DEKAT FASILITAS KESEHATAN UNTUK PENANGANAN PERSALINAN IBU BERESIKO TINGGI; DI TAHUN 2017 JUGA TELAH ADA 13 DESA YANG TELAH MENDEKLARASIKAN KOMITMEN DALAM PROGRAM STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (STOPS BABS).

  • Bupati CEP jadi perhatian khusus dalam lomba bakar ikan
  • SELANJUTNYA DI TAHUN 2018, KITA AKAN MEMPRIORITASKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN DAERAH UNTUK MENJAMIN MASYARAKAT KURANG MAMPU DALAM MEMPEROLEH PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI PUSKESMAS DAN RUMAH SAKIT. HAL INI AKAN DITUNJANG DENGAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK), DIMANA AKAN ADA PERUBAHAN POLA PELAYANAN SEHINGGA PETUGAS KESEHATAN DAPAT MENGUNJUNGI PASIEN LANGSUNG DI RUMAH UNTUK DETEKSI DINI PENYAKIT. KITAPUN AKAN MENAMBAH JUMLAH PESERTA JAMKESDA DARI SEBELUMNYA 30 RIBU JIWA MENJADI 65 RIBU JIWA DI TAHUN 2018 UNTUK MENDUKUNG UNIVERSAL COVERAGE DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN.

  • Usai menghadiri paripurna hari jadi Bupati meresmikan jembatan gantung desa Lelema
  • 4) DI BIDANG PENDIDIKAN, TAHUN 2017 KITA TELAH MENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DENGAN TOTAL ANGGARAN 30 MILIAR RUPIAH, REHAB SEKOLAH SEBESAR TOTAL 6 MILIAR RUPIAH, PENAMBAHAN BUKU PERPUSTAKAAN SERTA MENYIAPKAN BEASISWA CITA EMAAN PANDE. HAL INI TENTUNYA AKAN KITA LANJUTKAN DI TAHUN 2018 AGAR PENDIDIKAN ANAK-ANAK KITA AKAN SEMAKIN MAJU DAN BERKEMBANG BAHKAN BERBUAH PRESTASI.

  • Road show Bupati Tetty Paruntu dan wakil Bupati Franfky Wongkar serta sekda danny rindengan
  • 5) DI SEKTOR PARIWISATA KITA TELAH MEMULAI PEMBANGUNAN TEMPAT WISATA KULINER AMURANG DI TAHUN 2017 YANG AKAN DILANJUTKAN DI TAHUN 2018. DEMIKIAN PULA DENGAN PEMBANGUNAN ASET OBJEK WISATA BATU DINDING, PULAU SEPATU DAN PENGEMBANGAN OBJEK-OBJEK WISATA LAINNYA. SELANJUTNYA KITA JUGA AKAN MEMBANGUN PATUNG OIKUMENE DAN BALAI LATIHAN KERJA PERHOTELAN.

    6) DI SEKTOR PEMBERDAYAAN PEDESAAN KITA TELAH MENYALURKAN DANA DESA SEBESAR 127 MILIAR 642 JUTA 435 RIBU RUPIAH DI TAHUN 2017 DAN AKAN KEMBALI MENYALURKAN DANA DESA DENGAN TOTAL SEBESAR 102 MILIAR 929 JUTA 615 RIBU RUPIAH DI TAHUN 2018.

    7) SELANJUTNYA KITA TELAH MENJALIN KERJA SAMA DENGAN PERUSAHAAN OTOMOTIF TERBESAR DI DUNIA, TOYOTA DAN MELALUI KERJA SAMA INI KITA AKAN MENDAPATKAN HIBAH KENDARAAN PEMADAM KEBAKARAN DAN AMBULANS.

    8) KEMUDIAN UNTUK LEBIH MENGOTIMALKAN PEMBANGUNAN SERTA AKUNTABILITAS DAN TRANSPARASI DI BIDANG PERENCANAAN PEMBANGUNAN, DI TAHUN 2018 KITA AKAN MENERAPKAN SISTEM PERENCANAAN DENGAN BERBASIS ELEKTORNIK ATAU E-PLANNING.
    WARGA MINAHASA SELATAN
    YANG SAYA KASIHI DAN BANGGAKAN,
    BERBAGAI PROGRAM DAN PEMBANGUNAN TELAH KITA LAKSANAKAN BERSAMA DI TAHUN 2017 TELAH MEMACU PEMBANGUNAN DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, YANG DAPAT KITA LIHAT DARI PENINGKATAN PDRB ATAS DASAR HARGA BERLAKU TAHUN 2016 YANG MENCAPAI 6,67 TRILIUN RUPIAH MENINGKAT DARI TAHUN SEBELUMNYA SEBESAR 6,08 TRILIUN RUPIAH, SEJALAN DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 2016 SEBESAR 5,10 PERSEN. HAL INI JUGA DIIKUTI DENGAN PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN DI TAHUN 2016 SEBESAR 9,92 PERSEN YANG MENURUN DARI TAHUN SEBELUMNYA YAITU 10,22 PERSEN, SEJALAN DENGAN MENINGKATNYA NILAI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TAHUN 2016 DI MINAHASA SELATAN SEBESAR 69,97 DARI TAHUN SEBELUMNYA SEBESAR 69,19.
    BERBAGAI KEBERHASILAN TERSEBUT DITANDAI DENGAN BERBAGAI UKIRAN PRESTASI BAGI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MINAHASA SELATAN, DIANTARANYA :

    1. KEBERHASILAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN MEMPEROLEH OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP) DARI BPK RI TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN MINAHASA SELATAN TAHUN 2016 YANG DIIKUTI DENGAN PEMBERIAN PENGHARGAAN ATAS KEBERHASILAN MENYUSUN DAN MENYAJIKAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN CAPAIAN STANDAR TERTINGGI DARI KEMENTERIAN KEUANGAN RI;
    2. ANUGERAH PANGRIPTA NUSANTARA (APN) DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA (adv)