Melky Pangemanan, Celeg Milenial PSI Yang Dicintai Masyarakat

Grace Natalie (Ketua Umum DPP PSI) dan Melky Jakhin Pangemanan (Ketua DPW PSI Sulawesi Utara)

Nyiurtimes.com–Melky Jhakin Pangemanan SIP MAP MSi (MJP) merupakan salah satu Calon Anggota Legislatif DPRD Provinsi Sulawesi Utara dari daerah pemilihan Minahasa Utara – Bitung yang disukai kalangan orangtua, apalagi para kaum milenial.

Menggunakan kendaraan politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI), suami tercinta Dr Peggy Adeline Mekel SE MBA ini telah memantapkan niat maju sebagai calon wakil rakyat sejak beberapa tahun lalu.

Caleg berlatar belakang aktivis ini semasa masih mengenyam pendidikan di bangku SMA N 2 Bitung ini nampaknya sudah punya ketertarikan terhadap ilmu politik dan hal itu dibuktikan dengan memilih Program Studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Manado tahun 2009-2013.

Keinginan untuk menambah bekal ilmu pengetahuan dibuktikan dengan mengambil Program dua pasca sarjana sekaligus yaitu Ilmu Administrasi Negara UNIMA (2013-2015) dan Pengelolaan Sumber Daya Pembanguan UNSRAT (2014-2017).

Tak hanya pendidikan formal yang ditekuninya, karena sederet pendidikan non formal juga turut melengkapi pengalaman hidup dari Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini.

Beberapa diantaranya adalah Latihan Kepemimpinan pemuda Gereja Tingkat Dasar (LKPG-TD), Training of Trainer Nilai-nilai Kebeangsaan Gereja dan Analisis Sosial serta 10 program latihan lainnya.

Bicara penghargaan, Melky Pangemanan juga mengoleksi Leadership Bakrie Centre Foundation (BCF) tahun 2016, Cum Laude Sarjana Ilmu Politik (SIP) dan itu dilengkapi dengan pengalaman menjadi pembicara atau narasumber berbagai kegiatan.

Untuk pekerjaan, Bro Melky sapaan akrab salah satu kader PSI terbaik ini ternyata merupakan Direktur CV Yakhin, Wakil Direktur PT Inamco Manguni Jaya serta Dosen Luar Biasa Reguler di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado (2014-2015) dan Dosen Luar Biasa IPDN Kampus Sulut (2014-2015).

Kecapakan dalam berorganisasi rupanya turut memperkaya karakter dan kepribadian sebelum terjun langsung ke dunia politik, dimana beberapa jabatan organisasi terkini antara lain adalah Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulawesi Utara, Wakil Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Sulut, Direktur Bidang Politik Komite Pemilih Indonesia (TePI) Sulut dan lain sebagainya.

Sementara itu, salah satu sahabat politisi muda ini Sofyan Jimmy Yosadi SH, mengatakan bahwa Melky Pangemanan adalah orang baik, karena di usia muda sudah punya reputasi dan prestasi hingga layak dipilih untuk menjadi Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara karena politik zaman sekarang harus diisi oleh orang-orang baik dan berintegritas.

Menurut Yosadi, Melky Pangemanan dari segi pengetahuan tentang politik sangat mumpuni, karena di usia muda sebagian besar hidupnya aktif dalam berbagai organisasi terutama organisasi keagamaan, dia juga seorang yang baik dan ramah, suka berteman dengan siapa saja, sosok yang supel dan toleran.

“Bagi saya, sosok seperti Melky Pangemanan adalah masa depan cerah bagi perpolitikan di Indonesia terlebih khusus Sulawesi Utara. Saya bangga berteman baik dengannya, kami lama bersahabat dan sangat mengenalnya dengan baik. Demikian pula keluarganya, istrinya juga sahabat baik dan kami lama aktif dalam kegiatan lintas agama serta bergabung dalam berbagai komunitas dan organisasi yang bernama ILMU (Ikatan Intelektual Muda) Provinsi Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Pengacara kondang ini berharap dan berdoa, Bro Melky Pangemanan, bisa sukses dan wajib dipilih oleh masyarakat hingga mewarnai perpolitikan di tanah Minahasa dan Sulawesi Utara (*)