Max Lua Resmi Ketua DPRD

TALAUD– Max Frets Mores Lua resmi menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Talaud Pengganti Antar Waktu (PAW), sisa masa jabatan periode 2014-2019.

Lua dilantik oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tahuna Rudi Rahayu, berdasarkan surat keputusan Gubernur Sulawesi Utara nomor 112 tahun 2018.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di ruangan Rapat Paripurna Gedung DPRD Talaud, di Kompleks Perkantoran, Jumat (20/4) kemarin.

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Jakop Mangole. Lua menggantikan George Rompah, yang diganti berdasarkan keputusam internal partai dan usulan anggota DPRD Talaud lewat rapat paripurna, belum lama ini.

Saat diwawancarai, Lua mengatakan bahwa DPRD Talaud sebagai representasi rakyat di pemerintahan. “Tugas DPR adalah tugas lembaga. Jadi tidak ada perubahan dari pimpinan yang lama ke pimpinan yang baru. Semua menjalankan amanat undang-undang. Apa yang sudah dilakukan ketua DPRD yang lama kita akan lanjutkan dan jika ada sisa kerja dalam satu masa sidang ini, saya akan lakukan secepatnya. Kita akan lakukan rapat perdana internal untuk menyepakati apa yang akan saya lakukan dalam 50 hari pertama. ” ujarnya.
Sembari memohon dukungan masyarakat. “Saya memohon doa dan dukungan masyarakat agar dalam menjalankan tugas sebagai Ketua DPRD,” tandas Lua.

Usai dilantik, Lua menggelar rapat internal DPRD. Hal ini untuk merumuskan langkah selanjutnya demi memperkuat kelembagaan DPRD Talaud. (tika)