Makatana Minahasa Wujudkan Program Penguatan Ekonomi Dan Pemberdayaan Generasi Muda

Airmadidi Nyiurtimes.com – Organisasi Masyarakat Adat Makatana Minahasa terus mendorong kualitas Program – program unggulannya, selain menciptakan kader ini di maksudkan untuk selalu bersinergi dengan Pemerintah dalam khususnya bidang Pertanian dan Perikanan. Di antaranya Program Penguatan Ekonomi Dan Pemberdayaan Generasi Muda lewat Budi daya Ikan air tawar.

Hal ini di tegaskan oleh Ketua Umum Ormas Makatana Minahasa Alvis Metrico Sumilat lewat penerapan dan pelaksanaan pemanfaatan lahan tidur di tanah Minahasa.
“Sejak di mulai pada medio 2017, program ini adalah adalah salah satu program yang besar karena tujuannya untuk merubah paradigma dan pemahaman tentang organisasi ini serta mengajak generasi muda supaya dapat terjun ke dunia usaha khususnya budidaya ikan air tawar”. Tegas Sumilat.
Menurutnya, generasi Minahasa sekarang cenderung monoton untuk mengambil Pendidikan dasar sarjana saja hanya untuk mengejar pekerjaan seperti ASN, Kantoran, petugas hukum ataupun aparat pelindung negara. Sangat jarang mengambil spesialis dalam bidang pertanian dan perikanan serta hal lainnnya dalam mengelola tanah daerah sendiri. Hal yang lasim berakibat ketika banyak pemegang gelar sarjana hanya sampai di Pengangguran.

“Program ini adalah sebuah motivasi, serta ajakan kepada seluruh generasi muda minahasa, jika ada niat san kemauan, pasti akan sukses. Toh gelar sarjana dalam bidang pendukung UKM dan wiraswasta juga tak kalah dengan jenjang sarjana lainnya”. Terang Sumilat yang adalah Ketua Umum Makatana Minahasa.

Hal lain juga di sampaikan Pemerhati Budaya Rocky Oroh ketika melihat terwujudnya program ini.
“Ini salah satu program unggulan Ormas Makatana Minahasa. Sudah sekitar 90an hektar tanah lahan tidur masyarakat di Minahasa ini di serahkan kepada organisasi ini untuk di kelola, memang berat tapi kami sudah harus memulainya meski menggunakan teknologi manual”. Jelas Oroh yang adalah Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Makatana Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Di harapkannya lewat kegiatan ini bisa mendukung program swasembada pangan lokal yang ada di Minahasa Raya serta mendukung semua UKM di Minahasa dan ini adalah target utama Makatana Minahasa. Pungkasnya. “Nyaku si Makatana!” (CdR)