Maing dan Wolla Sepi Peminat

Foto : Istimewah

Talaud, nyiurtimes.com-РPemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selaku instansi teknis terkait, sejak 22 Mei hingga 24 Juni 2018 telah membuka pendaftaran duta pariwisata Talaud  lewat ajang pemilihan Maing dan Wolla Talaud 2018.

Sayangnya, setiap tahun kontestasi tersebut  mengalami tren penurunan peminat. Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaa Andris Tarelluan melalui Staf Bidang Ekonomi Kreatif Madlivan Aguw mengatakan, jika di tahun sebelumnya jumlah pendaftar sebanyak 12 orang atau 6 pasang peserta.

Untuk waktu yang berjalan ini baru 11 orang kebanyakan adalah pelajar SMA dan yang baru lulus tingkat pendidikan menengah ini.

“Baru 11 orang mendaftar. Dominan dari SMAN 1 Melonguane. Hari senin katanya akan ada empat orang yang mendaftar, tapi belum pasti. Tahun ini tak ada mahasiswa atau sarjana yang mendaftar. Kalo tahun lalu ada.¬† Memang setiap tahun peserta turun jumlahnya. Dukungan dari pihak kecamatan juga kurang,” katanya, Jumat(22/6) kemarin.

Padahal katanya, Disparbud telah intensif mempromosikan dan mempublikasikan informasi pelaksanaan kegiatan tersebut kepada Masyarakat, SKPD, Camat, Kepala SMA/ SMK dan Perguruan Tinggi Negeri. “Sosialisasi juga dilakukan di BUMN, BUMD yang ada di tanah Porodisa agar dapat berpartisipasi mengutus delegasinya yang berwawasan luas, berpenampilan menarik, menguasai bahasa asing, komunikatif, kreatif, menguasai perkembangan IPTEK untuk ikut kontestasi ini,”tandasnya. (tika)