Mahasiswa Unsrat Diedukasi Untuk Mengawasi APBN

Agung Widiadi, Direktur Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah bersama Dosen dan Mahasiswa Unsrat

UNSRAT, Nyiurtimes.com – Kementrian Keuangan Direktoral Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) memberikan edukasi kepada mahasiswa Unsrat Manado dengan materi “Mengenal dan Mengawasi APBN #Uang Kita” dengan Narasumber Agung Widiadi selaku Direktur Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, pada Kamis (21/11/2019) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB Unsrat.

Agung mengatakan ketika mahasiswa sudah di perkenalkan tentang APBN dia berharap mahasiswa dapat ikut mengawasi pelaksaan daripada APBN itu sendiri.

“Jadi dengan mekanisme seperti ini kami berharap semakin banyak yang berperan dalam pengawasan APBN, sehingga kedepannya ada masukan-masukan dari mahasiswa untuk perbaikan di negara dalam pengelolaan APBN,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Fauzi Nugroho sebagai sekretaris DJPK mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi mahasiswa tentang APBN.

“Supaya mahasiswa bisa langsung terjun mengawasi namun sebelum mengawasi kita perlu tahu dulu, apa-apa yang diberikan kepada masyarkat dari APBN. Dan setelah diberikan ini bagaimana pengelolaannya terkait dana APBN ke daerah yang menjadi sumber pendapatan itu digunakan,” jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa sangat mendorong peran aktif dari mahasiswa untuk bisa meningkatkan dan memajukan daerah sendiri karena potensi daerah dari pengelolaan anggran yang ada.

“Dengan melakukan kajian-kajian bagaimana cara yang paling tepat untuk meningkatkan potensi kita sehingga kita mempunyai ciri khas dan keunggulan dari daerah berdasarkan potensi-potensi yang kita miliki,” support Sek DPJK itu.

Sementara itu, Deputi Wd 3 FEB Unsrat, Jeklin sumual, SE MSi sangat mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini dapat memahami dan berperan dalam pengawalan APBN.

“Kita sangat senang dengan melihat antusias dari pada mahasiswa tadi, dengan harapan bagi mahasiswa yang sudah ikut kegiatan ini kiranya dapat tahu tentang APBN dan dapat berperan aktif mengawal pengelolaan APBN uang kita,” ungkap Jeklin.

Diketahui, kegiatan ini ikuti oleh 400 lebih orang dari kalangan mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan games sebelum penyampaian matwri dan door price dengan hadiah yang menarik.(Mineshia)