Legislator Sulut Sebut Ada 14 Ribu Taksi Online Belum Terdaftar

Manado, Nyiurtimes.com – Terdapat 14.000 taksi online belum terdaftar di Sulawesi Utara (Sulut), hal tersebut, akan segera ditertibkan lewat terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub).

Dalam payung hukum taksi online Peraturan Kementrian Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 mengatur terkait persyaratan sebagai taksi online.

Syarat yang ditetapkan dalam Permenhub diataranya uji KIR, penggunaan SIM A Umum, dan pemasangan stiker agar dipatuhi pengemudi dan pemilik taksi online.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulut, Amir Liputo mengatakan ada 14.000 kendaraan yang belum terdaftar di Sulut.

“14.000 taksi online belum terdaftar, yang dilegalkan kan di Sulut hanya 1.000,” ujar Amir, senin (05/02/2018).

1000 yang dilegalkan dan bisa beroperasi di Sulut, akan mengacu pada Pergub. Selain itu, Pergub juga akan mengatur terkait batas operasi.

“Dan daerah operasi, pun terbatas, siapa yang layak di yang masuk (di daerah manado),” tambah.

Amir menambahkan Pergub yang akan diterbitkan diharapkan juga dapat menciptakan keamanan bagi masyarakat pengguna.

“Dengan pergub ini kita berharap bisa mengurangi resiko-resiko yang ada,” harapnya.

Diketahui, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi telah menyatakan persyaratan taksi online harus segera dilengkapi pada bulan januari 2018, dan Februari 2018 syarat-syarat pemilik kendaraan dan pengemudi harus bisa dipenuhi.

(Arman)