Legislator Bahas Ranperda Lumincun di Minsel

AMURANG, nyiurtimes.com – Panitia khusus (pansus) ranperda kawasan tanpa rokok mulai unjuk gigi. Akhir pekan lalu pansus besutan Legislator Billy Regar Cs itu sudah mulai membahas ranperda yang akan mengatur ‘tampa’ lumincung (kawasan tanpa rokok) bersama pihak eksekutif.

Dalam kesempatan itu hadir mewakili pemerintah Asisten I Pemkab Minsel, Drs. Handrie Sondakh serta pimpinan organisasi perangkat daerah terkait.

Regar usai memimpin rapat pansus mengatakan substansi ranperda itu bukan melarang merokok tapi lebih kepada pengaturan. Di mana kawasan yang boleh merokok di mana yang tidak boleh.

“Pembahasan Perda ini dimaksudkan bukan untuk melarang namun dimaksudkan untuk mengatur supaya tidak merugikan orang lain”, tutur Billy Regar.

Pihak eksekutif melalui Asisten I Handrie Sondakh memberi optimisme langkah maju yang ditunjukkan pansus.

“Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) hari ini akan ditindaklanjuti. Dengan harapan secepatnya pembahasan ini akan dituangkan dalam Rapat Paripurna kedepan,”ucapnya

Setelah melakukan pembahasan dalam Rapat PANSUS pihak Legislatif bersama Eksekutif sepakat dan menerima berbagai masukan, maka diambil sejumlah keputusan diantaranya akan adanya sosialisasi langsung ke masyarakat untuk menyempurnakan dan agar lebih dikenal masyarakat.

Hadir dalam Ranperda kali ini Kabag Hukum Pemkab Minsel, Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP), Dinas Pariwisata, dan Dinas Kesehatan serta Dinas pekerjaan Umum.
Sedangkan dari Pansus DPRD Minsel sendiri terlihat hadir Djen P. Lamia, Frini D. Simbar, SH, Royke Kodongan,AMd dan Michael Sengkey. (dou)