Lakukan Pencoklit KPU Sambangi Bupati dan Wakil Bupati

Amurang, nyiurtimes.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan bersama sejumlah pentarlin menyembangi kediaman Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu yang berada di Keluarahan Pondang kecamatan Amurang Timur. Begitupun kediaman Wakil Bupati Frangky Wongkar, di Kelurahan Kawangkoan bawah Amurang Barat Selasa kemarin. Visitasi rombongan penyelenggara pemilu itu dalam rangka melakukan pencocokkan dan penelitian (pencoklit) data pemilih jelang pilpres 2019 mendatang.

Bupati Christiany E Paruntu saat didatangi petugas pantarlih yang di pimpin langsung Ketua KPU Minsel di rumah dinas kemarin

Ketua KPU Fanley Pangemanan mengatakan pencoklit merupakan tahapan awal dalam rangka melakukan verifikasi data pemilih sebelum dilakukan pemutahiran. alumni Unpad Bandung ini meneyebut sebagai awal memulai tahapan ini, pihaknya pertama kali menyambangi sejumlah tokoh masyarakat, agama dan pemerintahan. Semisalnya Bupati, Wakil Bupati dan pimpinan DPRD.

Wakil Bupati Frangky Wongkar saat memeriksa validasi data pemilih untuk dilakukan pencoklit.

“Ini jadi semacam stimulan kepada masyrakat walau di tengah kesibukan agenda-agenda penting para pimpinan daerah justru meluangkan waktu menunjukkan sikap sebagai warga negara yang taat aturan, ” ungkap Pangemanan.
Tahapan pencoklit ini sendiri katanya sudah dimulai terhitung hari ini 17 April sampai 16 Mei mendatang nanti. Lalu kemudian hasil pencoklit ini akan dijadikan acuan sebagai basis penyusunan daftar pemilih sementara.
“Semua penduduk yang punya E-KTP ataupun yang berumur 17 tahun ke atas dan juga mereka yang sudah menikah walau belum berusia 17 tahun sudah masuk wajib pilih, ” tegas Pangemanan.
Sementara itu, Bupati Minsel Tetty Paruntu menyambut baik kedatangan tim KPU. Itu sebab dalam kesempatan itu sebagai pemerintah akan mendukung penuh proses tahapan pencoklit data pemilih. Itu sebab kata Tetty pihaknya sudah menginstruksikan kepada Capil untuk bersinergi melakukan pencocokkan data bersama KPU.
“Semua warga masyarakat yang memenuhi syarat supaya bisa ikut berpartisipasi dalam proses pencoklit yang nanti dilakukan oleh pantarli,” harapnya. (Viktor)