KPU Talaud Gelar Bimtek Pungut Hitung Pilkada 2018

Peliput : Sartika Topah (Kepala Biro Talaud) 

Talaud, nyiurtimes.com-– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar Bimbingan Teknis Kepada Ratusan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se – Kabupaten Kepulauan Talaud, terkait Pemungutan dan Perhitungan Suara  pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud 2018. Berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kepulauan Talaud, Sabtu(16/6) lalu.

Ketua KPUD Velma Sumee, Ketua Divisi Teknis Rahma Zakhawerus, Sekretaris  KPU Nelwan Maloring dan staf hadir dalam kegiatan ini.

” Pungut hitung ini jangan sampai salah karena ada konsekuensi hukumnya. Jadi kerjakan semua tugas berdasarkan ketentuan dan aturan yang berlaku ,” kata Sumee, singkat.

Ada beberapa hal dalam bimtek tersebut yang dijelaskan, seperti bagaimana pungut hitung, termasuk aplikasi agregator dan format yang akan digunakan. “Intinya situm agregator hanya untuk  merekap data formulir DAA menjadi DA.1 KWK. Diharapkan semua laptop, note book atau komputer yang akan menggunakan aplikasi agregator  harus memiliki  program microsoft excel diatas tahun 2010,” kata Sumee. Sembari mengingatkan kepada PPS untuk format yang akan dibagikan telah dipasangi rumus.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Divisi Teknis Rahma Zakhawerus menjelaskan tentang PKPU Nomor  8 tahun 2018 Tentang Pemungutan dan Perhitungan  Suara. (Tika)