Kota Bitung Jadi Lokasi Launching Gernas Pilah Sampah Dari Rumah

Nyiurtimes.com, BITUNG – Kota Bitung di bawah kepemimpinan Wali Kota Max Lomban dan Wakil Wali Kota Maurits Mantiri menjadi Lokasi Lauching Gerakan Nasional (Gernas) Pilah Sampah Dari Rumah oleh Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) RI. Kamis (19//09/2019)

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bitung Albert Sergius, SE. Menurutnya, Gerakan pilah sampah merupakan lanjutan dari gerakan minim sampah yang sudah terlihat masif di masyarakat guna memastikan sampah yang tidak terkurangi dapat dipilah, dikumpulkan dan diangkut ke tempat pengolahan dan pemrosesan akhir.

“Dalam rangka mensukseskan gerakan nasional tersebut di daerah, maka kementerian lingkungan hidup dan kehutanan memilih kota bitung sebagai salah satu perwakilan di sulawesi, dari lima lokasi launching gerakan nasional pilah sampah dari rumah yang akan dilaksanakan pada hari sabtu 21 september 2019,” ujar Albert

Kabad Humas Setda Kota Bitung – Albert Sergius, SE

Lanjut Albert, kegiatan yang dilakukan disela sela Car Free Day ini juga dirangkaikan dengan peringatan Haornas dan world clean up day 2019, sehingga diharapkan seluruh masyarakat kota bitung dapat menghadiri kegiatan launching program pilah sampah ini.

“Tujuan dari program ini adalah untuk melakukan revolusi mental pengelolaan sampah dengan merubah perilaku, tidak boleh terus menggantungkan kepada petugas kebersihan, tetapi masyarakat juga harus mengambil tanggung jawab untuk menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri. Mulailah dari rumah sendiri dengan menerapkan prinsip mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah (Prinsip 3R: reduce, reuse dan recycle) di tempat masing-masing,” punkasnya. (REFLY)