Konsultasi Nasional Perempuan GMKI: “Perempuan Merdeka”

Tobelo, Nyiurtimes.com – Kegiatan Konas Perempuan GMKI ini adalah yang pertama sejak beberapa tahun terakhir dan juga dilaksanakan bertepatan dengan kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan yang dilaksanakan dari tanggal 25 November-10 Desember.

Kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan adalah seruan yang dilakukan di seluruh pelosok bumi. GMKI setiap tahunnya selalu turut terlibat dan konsisten dalam mengkampanyekan anti kekerasan terhadap perempuan.

Kita menyadari bahwa masih ada ketidakadilan di dalam masyarakat. Sejak dahulu kungkungan patriakhi begitu kuat membatasi pergerakan perempuan sebagai ciptaan merdeka.

Masyarakat membiarkan terjadinya diskriminasi dan tindak kekerasan terhadap perempuan. Bahkan negara sering kali membiarkan terjadinya ketidakadilan gender di tengah masyarakat.

Dalam konteks agama, beberapa tafsir klasik masih saja dipakai hingga kini dan menempatkan perempuan seolah-olah sebagai pemain tambahan dalam drama kehidupan. Padahal bila menggunakan perspektif baru atas teks-teks kitab suci maka akan ditemukan kekayaan pemerdekaan manusia seutuhnya termasuk perempuan.

Maka dalam Konas ini, kita akan belajar bagaimana Potret Kesetaraan Gender di Dunia dan Pemetaan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Indonesia. Bagaimana Landasan Teologis: Kepemimpinan Perempuan dalam Alkitab, serta Perempuan dalam Perspektif Budaya Lokal, juga bagaimana Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Kemandirian, serta bagaimana Pendidikan Seks dan Kesehatan Reproduksi.

Melalui Konas Perempuan, kita mengajak semua kader perempuan GMKI se-Tanah Air untuk berkonsultasi tentang apa, bagaimana dan seperti apa nantinya model atau desain rencana tindak lanjut dari perjuangan perempuan merdeka.

Konsultasi Nasional Perempuan GMKI di Tobelo ini diharapkan menjadi salah satu momentum penting tidak hanya bagi para peserta, namun bagi keluarga besar GMKI se-Tanah Air dan secara lebih luas bagi perempuan di Indonesia. Dan ini sejalan dengan tema GMKI, Berdamailah Dengan Semua Ciptaan.

Dalam kegiatan ini hadir puluhan peserta perempuan dari puluhan cabang GMKI se-Indonesia. Mohon doa dari Kakak, Abang, Saudari, dan Saudara agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan para peserta dapat menjadi pelaku perubahan di daerah masing-masing. Tuhan memberkati.

*Tobelo, 29 November- 2 Desember 2017, Konsultasi Nasional Perempuan GMKI

(Press Release GMKI)