Kominfo Kaji Minsel Menuju Smart City

Amurang, nyiurtimes.com–Sebentar lagi aktivitas masyarakat Amurang bakal dipantau 1×24 jam. Seperti Manado, dan kota-kota besar lainnya. Ini menyusul rencana pemkab Minsel bakal memasang CCTV di 17 titik sentral pusat kota.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Roy Mandey menjelaskan, pihaknya masih melakukan kajian terhadap penerapan tersebut. “Baru rencana. Studi ke beberapa tempat akan dilakukan agar bisa efektif,” ungkapnya, kemarin.
Lanjutnya, bila disetujui pendanaan bakal dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P). Dia merinci, pengadaan drone dan LCD bisa memakan anggaran hingga Rp 500 juta. Alokasi berasal dari belanja modal. “Bisa lebih besar tergantung hasil kajian lanjutan bagaimana. Setelah itu baru dikonsultasikan dengan TAPD. Yang pasti, penyediaan jaringan paling penting,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Frangky Lelengboto mengapresiasi program diskominfo. Hanya, dia mengingatkan agar jangan sampai mubasir. “Program jangan hanya sekedar asal ibu (bupati, red) senang. Di kantor pemkab itu sudah ada banyak CCTV yang sampai sekarang belum berfungsi. Alokasi anggarannya juga ratusan juta,” warningnya. (viktor)