Kepsek Lingkungan Minta Jaga Sumber Air

Nyiurtimes.com, BITUNG – Maraknya Kebakaran Hutan yang terjadi akhir-akhir ini membuat Kepala Sekolah Lingkungan Khouni Silva Lomban Rawung terus mengingatkan pentingnya kawasan penyangga air atau Hutan.

“Kawasan Hulu atau Hutan harus dijaga dengan baik agar pasokan air kita tetap berimbang di hilir,” ujar Khouni

Hal tersebut diungkapkan istri dari Wali Kota Bitung ini pada kegiatan Pengembangan Sekolah Sungai Bitung guna meminimalisir bencana. Rabu (21/08/2019) bertempat di bantaran sungai kelurahan Manembo-Nembo bawah, kecamatan Matuari.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah, bekerja sama dengan Sekolah Lingkungan dalam hal ini sekolah Sungai, dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sadat Minabari mewakili Wali Kota Bitung.

“Kedepan setiap rumah yang ada di bantaran sungai harus menghadap sungai bukan membelakangi sungai agar sampah yang ada tidak lagi di buang ke sungai,” tutur Khouni

Pada kesempatan tersebut juga, duta Satwa Liar meminta kepada kepala kelurahan sekitar sungai, agar dapat disosialisakan lagi persoalan kebersihan sungai kepada masyarakat serta sekiranya membuat taman sungai agar dijadikan tempat berkumpul masyarakat. “Ini harus dilakukan jika perlu dilombakan,” katanya

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 124 peserta terdiri dari pihak sekolah, Komunitas dan pala serta RT. Adapun narasumber dalam kegiatan ini ialah Dinas PUPR lewat Kepala bidang Sumber daya air Risal Sompotan, BMKG, Dinas Tata ruang dan Wakil kepala Sekolah Lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut juga para peserta ikut membersihkan sungai sebagai bentuk praktek sekolah sungai. Alhasil dalam praktek tersebut, sampah yang berhasil diangkat sebanyak 108 kilogram. (REFLY)